Pelatih sepak bola dapat gunakan bola pintar untuk melatih pemain

Pelatih sepak bola dapat gunakan bola pintar untuk melatih pemain

Techno.id - Perkembangan teknologi sudah merambah ke dunia olahraga, salah satunya sepak bola. Seperti yang Anda tahu, tadinya para pelatih hanya memacu pemain untuk berlatih menendang si kulit bundar dan berlatih meningkatkan kemampuan serta keterampilan. Namun, kini lebih hebat lagi, karena para pelatih dapat mengetahui peningkatan kemampuan pemainnya hanya dengan smartphone.

Seorang pengembang Nicolas San Juan telah membuat bola pintar bernama Inside Coach. Bola ini bukan bola sembarangan. Pasalnya, saat bola digunakan untuk latihan para pemain, maka sang pelatih bisa mengetahui rincian data tentang peningkatan kemampuan pemain, seperti yang disadur dari SlashGear (4/2/2016).

Bola Inside Coach dapat melakukan itu karena didukung dengan sensor gerak. Setiap tendangan, sentuhan, tangkapan, dan sundulan akan dicatat untuk dijadikan bahan penilaian oleh pelatih. Semua data yang diambil dari bola pintar dapat diintegrasikan dengan perangkat smartphone dan tablet (Android dan iOS) melalui sambungan Wi-Fi.

Pelatih juga semakin mudah dalam mengembangkan kemampuan anak didiknya lantaran bola pintar ini menawarkan data secara real-time, fitur pelatihan berdasarkan data yang telah dikumpulkan, video keterampilan khusus untuk latihan, penilaian kemajuan pemain, menghubungkan hasil data ke semua pemain, akses untuk pelatih, dan mudah digunakan baik orang tua maupun anak-anak.

Sayangnya, karena dapat terhubung ke berbagai perangkat secara nirkabel, maka bola pintar Inside Coach hanya mampu bertahan selama 4 jam saja. Jika baterai habis, pemain atau pelatih harus mengisi dayanya menggunakan charger Qi wireless. Meski demikian, bola pintar ini tetap dapat digunakan di segala medan, baik di lapangan outdoor maupun lapangan indoor.

Saat ini, pengembang bola pintar Inside Coach sedang menggalang dana sekitar Rp 340 juta melalui Kickstarter. Jika Anda tertarik melatih atau berlatih menggunakan bola Inside Coach, Anda dapat bergabung pada program penggalangan tersebut. Nantinya bola pintar ini akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 2,5 jutaan.

(brl/red)