Pantaskah iPhone SE melawan iPhone 6S?

Pantaskah iPhone SE melawan iPhone 6S?

Techno.id - Berbicara tentang pantas dan tidak pantas, tentunya iPhone SE sangat pantas melawan iPhone 6S. Mengapa demikian? Perlu Anda tahu, iPhone terbaru berukuran 4 inci ini mempunyai spesifikasi yang setara dengan iPhone 6S. Selain itu, harga iPhone SE juga lebih murah ketimbang iPhone 6S.

Tampilan layar

Mulai dari sisi tampilan, iPhone SE mengadopsi jenis layar IPS LCD sama seperti iPhone 6S. Bahkan, keduanya juga memiliki kesamaan pada kerapatan piksel, yakni 326ppi. Kendati demikian, ukuran layar kedua smartphone ini tak sama. iPhone SE dibekali layar berukuran 4 inci dengan resolusi 1136 x 640 piksel, sementara iPhone 6S 4.7 inci dengan resolusi 1334 x 750 piksel.

Performa

Berlanjut ke bagian dalaman, iPhone SE memiliki beberapa spesifikasi yang sama dengan iPhone 6S. iPhone SE hadir dengan chipset SoC Apple A9 64-bit dan prosesor grafis PowerVR GT7600 yang sama persis dengan iPhone 6S. Selain itu, keduanya juga didukung dengan beberapa varian memori internal 16GB dan 64GB. Namun, iPhone 6S menyediakan varian yang lebih besar, yakni 128GB.

Kamera belakang

Untuk hiburan fotografi, lagi-lagi iPhone SE memiliki kemampuan yang sama dengan iPhone 6S, terutama pada kamera belakang. Pasalnya, iPhone SE menggunakan kamera belakang beresolusi 12MP dengan ukuran 1.22 mikro piksel. Kamera tersebut juga dibekali dengan dual flash LED. Sayangnya, untuk kamera depannya tidak sama. iPhone SE mengusung kamera selfie beresolusi 1.2 MP sedangkan iPhone 6S beresolusi 5MP.

Konektivitas dan jaringan

Kedua smartphone dari Apple ini juga mempunyai sederet kesamaan dari sisi konektivitas maupun jaringan. iPhone SE dan iPhone 6S sama-sama memiliki konektivitas Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11a, NFC, jaringan UMTS/ HSPA+ DC-HSDPA LTE dan CDMA EV-DO.

Harga

iPhone SE sendiri memiliki dua varian harga. iPhone SE dengan memori internal 16GB dibanderol dengan harga Rp 5,2 juta, sementara memori 64GB sekitar Rp 6,5 juta. Kalau iPhone 6S lebih mahal lagi. iPhone 6S dengan memori internal 16GB dihargai sekitar Rp 9 jutaan, 64GB sekitar Rp 10 jutaan, dan 128GB sekitar Rp 12 jutaan, seperti yang dikutip dari Lazada.

(brl/red)