MUSE: Cara baru relaksasi otak Anda

MUSE: Cara baru relaksasi otak Anda

Techno.id - Pekerjaan yang begitu banyak, belum lagi masalah lainnya yang menghampiri kehidupan tak jarang membuat Anda akan mudah stres, kehilangan konsentrasi, bahkan cepat tersulut emosinya. Oleh karena itu merelaksasi otak adalah salah satu jalan yang bisa Anda lakukan.

Relaksasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melatih atau merangsang otak Anda dengan latihan mental treadmil ala MUSE. MUSE sendiri adalah perangkat berbentuk headband yang dapat mengukur sinyal otak seperti monitor pendeteksi detak jantung pada umumnya. Alat ini nantinya akan berfungsi layaknya alat treadmil yang dilengkapi dengan serangkaian latihan 'beban' untuk membuat otak Anda segar kembali. Rangkaian latihan yang terdapat pada MUSE diklaim dapat meningkatkan perhatian Anda dengan cara melatih Anda menyadari gangguan yang terjadi dengan lebih cepat dan bereaksi lebih cepat untuk mendapatkan kembali fokus pada apa yang Anda lakukan.

MUSE: Cara baru relaksasi otak Anda

Untuk menggunakan perangkat ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi khusus yang bisa didapatkan secara cuma-cuma di App Store maupun Google Play. Aplikasi tersebut dibutuhkan untuk menampilkan grafik keadaan otak pra maupun pasca pelatihan. Nah, jika Anda sudah mengunduh aplikasi tersebut, Anda hanya perlu menghubungkannya ke perangkat MUSE melalui bantuan Bluetooth.

MUSE: Cara baru relaksasi otak Anda

Setelah aplikasi dan MUSE tersambung, pertama-tama Anda perlu melakukan kalibrasi sebelum melakukan proses latihan otak, pasalnya keadaan otak Anda akan berbeda setiap harinya. Proses kalibrasi ini nantinya akan mengambil gambaran tentang keadaan otak Anda dalam keadaan aktif. Gambaran tersebut sangat dibutuhkan oleh MUSE untuk referensi dalam memahami sinyal otak Anda. Untuk setiap sesi kalibrasi, MUSE akan 'mendengarkan' sinyal otak Anda selama 60 detik saat Anda melakukan tugas curah pendapat sederhana.

Setelah proses kalibrasi selesai, Anda bisa melakukan proses pelatihan inti yang dirancang untuk membantu mengurangi stres, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan fokus serta konsentrasi. Pasca sesi latihan usai, MUSE secara otomatis akan memberi umpan balik tentang otak Anda secara real time dengan menerjemahkan sinyal otak Anda ke suara angin. Ketika pikiran Anda tenang dan rilek, Anda akan mendengar suara angin sepoi-sepoi. Namun, ketika otak Anda sedang aktif, MUSE akan menerjemahkan sinyal otak dalam bentuk suara angin yang bergemuruh. Nah, ketika Anda mendengar angin bergemuruh itulah Anda harus dengan sigap mengelola pikiran Anda, supaya suara angin berubah menjadi tenang. Latihan tersebut diklaim mampu melatih otak Anda untuk tetap fokus dan menolak gangguan.

MUSE: Cara baru relaksasi otak Anda

Meski melibatkan sinyal Bluetooth, MUSE masih cukup aman dan diklaim tidak akan mengganggu kapasitas kerja otak Anda. Malahan, perangkat ini dipercaya dapat membantu Anda yang gemar melakukan olahraga yoga, karena MUSE sangat membantu Anda mendapatkan ketenangan yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam sesi meditasi olahraga yoga.

Jika Anda tertarik dengan perangkat unik ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 3,98 jutaan saja.

MUSE: Cara baru relaksasi otak Anda

(brl/red)