MediaTek kenalkan Helio P10 untuk menghemat konsumsi daya prosesor

MediaTek kenalkan Helio P10 untuk menghemat konsumsi daya prosesor

Techno.id - MediaTek merupakan perusahaan prosesor terkemuka untuk chipset perangkat mobile. Belum lama ini MediaTek memperluas keluarga prosesor generasi terbarunya yakni Helio dengan seri P10, seperti yang dilaporkan oleh SlashGear (1/6/15).

Dengan diperkenalkannya Helio P10, nantinya pengguna bisa menghemat konsumsi daya prosesor berkat teknologi TSMC 28HPC+. Teknologi pertama untuk mengurangi penggunaan daya ini tidak bisa menghemat daya keseluruhan smartphone atau baterai, melainkan hanya daya prosesor yang dapat dihemat hingga 30 persen.

Helio P10 adalah prosesor Octa-core yang menggunakan Cortex-A53 64-bit berkecepatan 2GHz. Meski prosesor ini tidak secepat milik Cortex-A57 atau A72, tapi Cortex-A53 diklaim mampu memberikan kehidupan baterai yang lebih baik.

Tak hanya menghemat daya, Helio P10 juga mendukung kamera sampai 21MP dan memungkinkan pengguna merekam video HD pada 60fps. Chipset ini juga menggunakan teknologi MiraVision 2.0 pada tampilan layar. Fungsi teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengenali cahaya rendah (UltraDimming) dan filter cahaya (BluLight Defender) untuk menghemat daya serta menampilkan kualitas gambar yang memukau. Sedang untuk sektor audio, MediaTek menyematkan audio HiFi dengan SNR 110dB dan THD -95dB pada Helio P10.

Chipset terbaru MediaTek juga dilengkapi dengan koneksi LTE Cat.6 yang bisa mengunduh dengan kecepatan hingga 300Mbps. Bagi Anda yang tak sabar melihat seberapa cepat Helio P10 pada ponsel, MediaTek kemungkinan akan mengomersilkannya pada akhir tahun nanti.

(brl/red)