CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 13 Mei 2015 10:00

MediaTek ciptakan prosesor 10-core pertama untuk smartphone

MediaTek ciptakan Helio X20, prosesor 10-core pertamanya untuk smartphone

MediaTek ciptakan prosesor 10-core pertama untuk smartphone

Techno.id - Bicara soal prosesor smartphone, MediaTek adalah salah satu perusahaan teknologi asal Taiwan yang cukup berperan besar di dalamnya. Selama ini MediaTek juga dikenal sebagai salah satu produsen yang menjual chip atau prosesor dengan harga terjangkau.

Seperti dikutip AndroidandMe (12/05/2015), MediaTek baru-baru ini telah menciptakan sebuah prosesor baru yang dinamai Helio X20, di mana Helio X20 adalah prosesor mobile 10-core pertama buatan MediaTek yang telah menggunakan arsitektur Tri-Cluster.

Arsitektur Tri-Cluster memiliki arti sebagai prosesor yang dapat dibagi menjadi tiga kelompok atau tugas dengan tujuan yang berbeda. Dengan kata lain, prosesor 10-core adalah prosesor pintar yang dapat menjalankan tiga aktivitas berbeda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketiga aktivitas tersebut di antaranya yang pertama adalah tingkat low atau 1.4GHz. Di tingkat ini, prosesor akan bekerja untuk kegiatan smartphone yang bersifat ringan seperti mengakses kontak atau sms dan telepon. Dengan kata lain, tingkatan ini akan bermanfaat untuk lebih menghemat baterai pada smartphone.

Tingkatan selanjutnya adalah tingkat medium atau 2GHz. Di tingkat ini, smartphone akan bekerja untuk kegiatan smartphone yang sifatnya normal seperti memutar lagu atau video. Di tingkat ini pula, daya konsumsi baterai akan berbanding lurus dengan pemakaian smartphone.

Sedangkan di tingkatan terakhir adalah tingkat high atau 2.5GHz. Di tingkat ini, prosesor akan bekerja maksimal ketika smartphone sedang digunakan untuk kegiatan yang sifatnya berat seperti mengakses multitasking atau menjalankan aplikasi game kategori berat. Tingkatan ini juga cenderung membutuhkan konsumsi baterai yang besar.

Kendati begitu, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai smartphone pertama yang akan menjajal prosesor baru ini. Namun Helio X20 dikabarkan akan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2015.

WHAT TO READ NEXT ?