CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 18 April 2016 12:00

Kalau enggak kaya, lebih baik tak usah pakai iPhone

Apple menyarankan agar Anda mengganti iPhone tiap tiga tahun sekali.

Kalau enggak kaya, lebih baik tak usah pakai iPhone

Techno.id - Jika Anda bertanya, berapa lama usia wajar pemakaian iPhone, iPad, dan Apple Watch, jawabannya adalah tiga tahun. Sementara pengguna Mac, perlu memperbarui perangkatnya tiap empat tahun sekali.

Anjuran ini diberikan langsung oleh pihak Cupertino lewat laman FAQ resminya, tepatnya perihal lingkungan. "Tahun penggunaan, berdasarkan pemilik pertama, diasumsikan selama empat tahun untuk perangkat MacOS dan tvOS, serta tiga tahun untuk perangkat iOS dan WatchOS," tulis Apple.

Ini artinya, semisal Anda baru membeli iPhone 6 seharga Rp 9 sampai Rp10 jutaan, Anda disarankan memboyong iPhone terbaru dalam waktu tiga tahun lagi yang harganya kemungkinan tak jauh berbeda. iPhone lawas Anda setelah tiga tahun baiknya di-recycle demi kebaikan lingkungan. Tentu saja anjuran ini bisa menguras kantong konsumen dan mendorong pola konsumtif.

Namun sepertinya, banyak konsumen yang lebih sayang pada iPhone-nya dan tak akan memedulikan anjuran ini. Mengutip TheGuardian.com (15/04/16), salah satu sebabnya ialah dukungan software dari Apple yang cukup luas. Tengok saja bagaimana iOS 8 dan iOS 9 yang masih kompatibel dengan iPhone 4S, produk rilisan 2011 silam. Sedangkan OS X 10.11 El Capitan pun masih bisa digunakan di Mac rilisan 2007.

WHAT TO READ NEXT ?