CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 24 April 2016 07:00

Ini daftar merek smartphone terpopuler di awal 2016

Samsung masih menjadi jawara. Sisanya? Hampir tak jauh beda dengan tahun lalu.

Ini daftar merek smartphone terpopuler di awal 2016

Techno.id - Di akhir 2015 silam, Samsung masih bertahan sebagai produsen smartphone nomor satu dunia. Vendor asal Korea Selatan itu diikuti oleh Apple dan Huawei.

Tiga bulan tahun 2016 bergulir, keadaan itu tak berubah. Berdasarkan pantauan dari Trendforce (18/04/16), tiga nama itu tetap ada di klasemen teratas dengan total penjualan smartphone global mencapai 291 juta unit. Lenovo, Xiaomi, dan LG menguntit di bawahnya sekaligus melengkapi daftar tersebut.

Menariknya, Samsung di kuartal ini dapat melesat jauh meninggalkan Apple. Bahkan kalau dibandingkan secara kasar, tiap Apple sukses menjual satu unit iPhone, Samsung mampu menjual dua ponselnya. Sebab, market share Samsung dua kali lipat lebih tinggi dari Apple.

Vendor smartphone top di Q1 2016
© 2016 TrendForce

 

Hal ini tak bisa lepas dari lancarnya penjualan beragam produk Samsung. Untuk konsumen kelas atas, flagship Galaxy S7 dan S7 Edge begitu laris, sementara seri Galaxy J juga diminati konsumen entry-level secara global.

Di sisi lain, iPhone 6S tak selaris yang diharapkan karena ponsel itu hampir mirip dari segi fitur dengan seri sebelumnya. Sedangkan hasil penjualan iPhone SE kemungkinan baru terasa di kuartal kedua 2016, kendati Trendforce meramalkan penjualannya tak terlalu kencang.

WHAT TO READ NEXT ?