Teknologi ini buat semua model helm jadi lebih pintar

Teknologi ini buat semua model helm jadi lebih pintar

Techno.id - Semua orang tahu, helm dipakai untuk melindungi kepala dari benturan dan untuk alat keselamatan dalam berkendara. Namun, belakangan ini, fungsi helm telah ditingkatkan menjadi sebuah alat pengaman kepala yang lebih pintar.

Peningkatan kemampuan helm ini ada kaitannya dengan sebuah teknologi gabungan yang disebut Mohawk. Perusahaan FUSAR pembuat Mohawk telah menciptakan sebuah platform yang dapat menggabungkan kamera, aktivitas tracker, perangkat komunikasi bluetooth 4.0, GPS, deteksi kecelakaan, kotak hitam, Wi-Fi, dan sistem tanggap darurat, sebagaimana yang disampaikan oleh DigitalTrends (23/11/2015).

Semua kelebihan tersebut dikendalikan dari remote control yang dapat disematkan pada stang motor atau sepeda. Nantinya, remote ini digunakan untuk mengontrol kamera beresolusi 12MP. Selain itu, hasil jepretan kamera Mohawk bisa langsung terhubung dengan smartphone iOS dan Android.

Bahkan, ketika smartphone dan Mohawk saling terhubung, maka pengguna dapat memakainya sebagai walkie-talkie dan sistem pelacakan hingga 12 teman dengan GPS. Intinya, Mohawk dapat membuat Anda dan rombongan tour Anda bisa saling terhubung satu sama lain.

Menariknya lagi, ketika dalam satu rombongan ada yang terpisah dan mengalami kecelakaan, maka Mohawk bisa langsung memberitahu orang terdekat (melalui pesan teks, email, dan GPS) dan kontak darurat secara otomatis. Tak berhenti sampai di situ, saat Anda terjatuh, kotak hitam pada perangkat akan aktif dan merekam pembicaraan di dua menit terakhir. Hal ini dapat bermanfaat, terutama untuk tujuan asuransi.

Sementara ini, Mohawk masih diikutkan program penggalangan dana di Indiegogo. Apabila dananya sudah tercukupi maka Mohawk akan dipasarkan pada kuartal ketiga tahun 2016 dengan harga sekitar Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk remote Mohawk akan dirilis lebih awal yakni kuartal pertama tahun 2016.

(brl/red)