iPhone 6S diduga akan warisi fitur Force Touch dari Apple Watch

iPhone 6S diduga akan warisi fitur Force Touch dari Apple Watch

Techno.id - iPhone 6S memang belum diketahui kapan mulai dipasarkan di Tanah Air, namun beberapa fitur menarik yang dibawanya telah mencuat ke dunia maya. Apple dikabarkan akan menambahkan sebuah fitur baru yang berkaitan dengan layar sentuh pada iPhone 6S. Teknologi terbaru yang dinamakan Force Touch ini mampu mendeteksi seberapa keras pengguna menekan layar sentuh. Fitur ini pertama kali diperkenalkan ke Apple Watch kemudian berlanjut ke beberapa MacBook terbaru. Agar tidak terkesan pilih kasih, Apple juga menambahkan teknologi Force Touch pada keluarga iPhone.

Apabila nantinya iPhone 6S memiliki fitur Force Touch, pengguna bisa melakukan fungsi cepat seperti membuat pin di Maps dan membuat acara di kalender hanya dengan menekan layar lebih keras. Sedangkan di Apple Watch, fitur Force Touch dapat digunakan untuk menghapus pemberitahuan, menulis pesan baru, berbagi lokasi di Maps, dan beberapa fungsi lain.

Tak hanya itu saja, fitur tersebut sepertinya masih akan ditambahkan dengan fitur haptic feedback atau efek getar untuk memaksimalkan kinerja pada iPhone 6S. Perangkat Apple lainnya yang memakai gabungan fitur serupa adalah Retina MacBook Pro dan MacBook 12 inci. iPhone 6S sangat beruntung mendapat fitur tersebut karena sebenarnya, Force Touch dipakai untuk memudahkan pengoperasian di layar kecil seperti Apple Watch.

Menurut laporan dari MacWorld (27/5/15), di luar dari fitur Force Touch, Apple disinyalir akan menambahkan fitur lainnya pada pembaruan iOS 9. Apple sepertinya akan menambahkan fitur QuickType pada keyboard dan mendesain ulang tombol shift. Selain itu, untuk aplikasi pesan, Apple juga akan menambahkan fitur yang memperlihatkan pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum oleh penerima.

Semoga pengguna setia Apple tidah harus menunggu lama untuk mendapat berbagai fitur yang menarik ini. Dari kabar yang beredar, seharusnya dalam rentang waktu bulan Juni hingga September pengguna sudah bisa menikmati iPhone 6S. Nantikan saja kabar selanjutnya hanya di Techno.id.

(brl/red)