iPhone 6 dan Galaxy S6, mana yang terbaik untuk game?

iPhone 6 dan Galaxy S6, mana yang terbaik untuk game?

Techno.id - Tak dapat dipungkiri bahwa Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6 adalah dua smartphone terbaik di tahun 2015 ini. Faktanya, kedua smartphone ini memang cukup sukses mendominasi pasar global sejauh ini.

Prosesor Exynos 7420 yang didukung oleh RAM sebesar 3GB membuat Galaxy S6 benar-benar memiliki performa yang sangat tinggi. Begitu pula dengan prosesor A8 dan RAM sebesar 1GB yang disematkan di iPhone 6 ini telah berhasil menarik hati para konsumen dari seluruh dunia.

Namun ketika bicara soal game, manakah yang terbaik di antara kedua smartphone ini?

GameBench Ltd., sebuah aplikasi low-level yang dirilis pada 2014 lalu ternyata telah mencari jawaban dari pertanyaan tersebut. Dalam melakukan percobaan, tim tersebut menjajal 10 aplikasi high-end game.

Daftar dari kesepuluh aplikasi high-end game tersebut di antaranya adalah Asphalt 8: Airborne, Real Racing 3, Dead Trigger 2, Kill Shot, Modern Combat 5: Blackout, Boom Beach, XCOM: Enemy Unknown, GTA: San Andreas, Marvel: Contest of Champions, dan Monument Valley.

Penilaiannya, smartphone yang dapat menjalankan game paling lancar dan tanpa lag, serta memiliki frame rate paling rendah dianggap sebagai pemenangnya. Dalam percobaannya, GameBench juga menyertakan smartphone Nexus 6 dan HTC One M9.

iPhone 6 dan Galaxy S6, mana yang terbaik untuk game?

Grafik di atas adalah grafik hasil penilaian oleh GameBench. Seperti tampak pada gambar, iPhone 6 muncul sebagai pemenang dalam percobaan ini. GameBench pun menjelaskan:

"iPhone 6 cenderung menjalankan game lebih lancar, dengan frame rate rata-rata yang lebih stabil dan jarang turun di bawah 30fps. Sedangkan Galaxy S6 memiliki skor di bawah iPhone 6 meskipun skornya cukup mendekati. Frekuensi yang dimiliki oleh Galaxy S6 cenderung lebih rendah, yaitu di bawah 30fps."

Di luar posisi pertama yang ditempati oleh iPhone 6 dan kedua yang ditempati oleh Galaxy S6, HTC One M9 dan Nexus 6 menempati posisi ketiga dan seterusnya. Dalam percobaannya, kedua smartphone ini ternyata menunjukkan kinerja yang masih kurang memuaskan.

Ada beberapa alasan mengapa Galaxy S6 kalah. GameBench mencatat karena Galaxy S6 menjalankan game di resolusi yang lebih tinggi daripada iPhone 6, yaitu 1080 piksel versus 720 piksel. Selain itu, beberapa game juga berpotensi untuk lebih dioptimalkan pada sistem operasi tertentu.

(brl/red)