CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 20 April 2015 11:00

R1 dan R1x, serupa tapi tak sama

Meski memiliki desain yang hampir sama, kedua seri R dari OPPO ini ternyata memiliki perbedaan fitur yang cukup signifikan.

R1 dan R1x, serupa tapi tak sama

Techno.id - Smartphone terbaru dari OPPO, yakni R1x, akan segera menyapa pasar Indonesia pada awal Mei ini. Dari foto yang telah banyak beredar di pasaran, R1x memang memiliki kemiripan dengan generasi pendahulunya, yakni R1. Keduanya sama-sama menggunakan cover material kaca dan frame aluminium alloy.

Kendati memiliki desain yang hampir sama, namun kedua smartphone pabrikan Tiongkok ini nyatanya juga memiliki sejumlah perbedaan. Dari rumor yang beredar, R1x rencananya akan menggunakan prosesor Cortex A7 hexa core 1.5GHZ (masih belum diketahui pabrikan mana yang mendukung prosesor untuk smartphone ini) dengan RAM 2GB, sedangkan pendahulunya, R1, 'hanya' menggunakan prosesor mediatek quad core dengan RAM 1GB saja.

Untuk kamera, R1x patut 'menyombongkan diri' karena, OPPO kabarnya membekali seri tersebut dengan kamera 13MP dan teknologi Pure Image yang terdapat pada OPPO R5, sedangkan seri R1 lagi-lagi 'hanya' mengusung kamera beresolusi 8MP saja. Kendati demikian, kedua seri R ini, sama-sama mengusung kamera sekunder dengan resolusi 5MP dan teknologi Gold-angle lens yang dikembangkan khusus untuk selfie.

R1x juga telah menggunakan sistem dua kartu SIM. Uniknya, mekanisme kartu sim ini memungkinkan salah satu slot SIM bisa digunakan sebagai slot micro SD dengan kapasitas hingga 128GB (jika tidak digunakan), sama seperti yang bisa ditemui di seri N3.

Dengan peningkatan spesifikasi pada R1x sangat dimungkinkan tidak adanya perbedaan harga antara kedua model. Dahulu harga retail OPPO R1 saat peluncuran pertama di Indonesia adalah Rp 4,9 juta. Semoga saja R1x tidak menyentuh harga yang lebih tinggi dari pendahulunya.

WHAT TO READ NEXT ?