CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 21 April 2016 08:00

Siapa yang lebih suka fotografi, pengguna iOS atau Android?

Ditinjau dari jumlah unduhan, aplikasi kategori fotografi diunduh 612 juta kali di Android, sementara di iOS 'cuma' 510 juta.

Siapa yang lebih suka fotografi, pengguna iOS atau Android?

Techno.id - Smartphone zaman sekarang memang punya banyak kegunaan. Namun dengan makin canggihnya kamera bawaan di ponsel, aktivitas fotografi pun ikut populer. Kira-kira, dari dua OS smartphone terpopuler saat ini, mana yang paling sering digunakan untuk memotret, mengedit foto, atau mungkin mengorganisasi foto di penyimpanan lokal maupun cloud?

Jawaban dari pertanyaan ini salah satunya bisa diukur dari jumlah unduhan di kategori fotografi secara global. Berdasarkan laporan Store Intelligence Q1 2016 Data Digest milik SensorTower, bisa dibilang bahwa pengguna Android-lah yang lebih doyan memakai aplikasi fotografi.

Buktinya dalam tiga bulan terakhir, kategori Photography di Android menampung 612 juta kali di Android. Jumlah itu meningkat dibanding kuartal pertama 2015 yang masih 508 juta. Aplikasi fotografi terpopuler di OS bikinan Google itu dipimpin oleh Google Photos dengan angka download lebih dari 20 juta. Namun ada juga aplikasi lain yang tak kalah terkenal, seperti VSCO, Pixlr, atau Adobe Photoshop Express.

Sementara itu di iOS, kategori Photo & Video 'cuma' diunduh 510 juta. Popularitas kategori yang diisi oleh aplikasi semacam Snapseed, Pic Collage, dan Flipagram ini terpantau naik dari periode yang sama tahun lalu yang masih 445 juta.

Perbandingan kategori fotografi terpopuler di Android dan iOS
© 2016 SensorTower

 

Sebagai gambaran, Google Play Store sejak Januari sampai Maret 2016 telah menampung 11,1 miliar download aplikasi. Sementara Apple App Store cuma 6,1 miliar. Namun, pemasukan App Store lebih tinggi dibanding kompetitornya itu.

WHAT TO READ NEXT ?