CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 11 April 2016 13:00

Kesal dengan harga iPhone SE yang kemahalan?

Padahal selisih harga produksi plus material dengan jual iPhone 6S Plus jauh lebih bikin kesal.

Kesal dengan harga iPhone SE yang kemahalan?

Techno.id - Beberapa waktu lalu, perusahaan riset asal Amerika IHS membongkar iPhone SE dan menghitung harga komponennya. Tujuannya ialah untuk mengetahui berapa sebenarnya harga dari handset 4 inci tersebut. Ternyata, iPhone SE 16GB diperkirakan cuma berharga Rp2 jutaan, jauh dibanding banderol resminya yang mencapai Rp5 jutaan.

Jika Anda merasa Apple terlalu matrealistis karena memberlakukan margin harga yang cukup jauh di iPhone SE, anggapan itu tak sepenuhnya benar juga. Sebab, raksasa Cupertino itu memang memperuntukkan iPhone SE untuk konsumen entry-level-nya, bukan user kelas atas.

Yap, harga asli iPhone SE memang membengkak sekitar Rp3 jutaan, tapi Apple sudah jauh lebih 'tidak serakah' dibandingkan saat merilis iPhone 6S Plus, yang notabene menyasar konsumen high-end.

September 2015 lalu ketika Apple merilis iPhone 6S Plus, smartphone 5,5 inci itu dibanderol hampir Rp10 juta. Padahal berdasarkan penelusuran IHS juga, iPhone 6S Plus 16GB pembuatannya cuma menelan ongkos Rp3 jutaan saja. Selisih biaya produksi plus material dengan harga ritel pada iPhone 6S bahkan lebih dari tiga kali lipatnya.

Perbandingan margin harga iPhone SE dan iPhone 6S Plus versi IHS
© 2016 Statista

 

Strategi Apple untuk mulai memberikan variasi harga pada iPhone dirasa redaksi cukup wajar. Sebab iPhone SE bisa masuk ke daftar opsi konsumen kelas menengah ketika ingin membeli smartphone baru, sesuatu yang cukup sulit dicapai iPhone generasi sebelumnya. Bagaimana menurut Anda?

WHAT TO READ NEXT ?