CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 15 September 2015 14:00

Ini 3 teknik menggenggam mouse beserta kelebihan dan kekurangannya

Teknik mana yang lazimnya Anda pakai?

Ini 3 teknik menggenggam mouse beserta kelebihan dan kekurangannya

Techno.id - Pada dasarnya, penggunaan mouse dalam beberapa kesempatan, seperti saat bermain game, sangatlah penting. Selain dipengaruhi oleh refleks user dan spesifikasi dari mouse itu sendiri, ternyata teknik penggunaan mouse juga berperan besar dalam kelancaran interaksi Anda dengan mouse itu sendiri.

Sejauh ini, ada tiga tipe grip yang paling lazim digunakan di dunia, yakni palm, claw, dan fingertip. Mari berkenalan lebih dekat dengan ketiganya.

 


Beberapa cara untuk memegang mouse © 2015 maketecheasier.com

 

1. Palm grip

Inilah cara memegang mouse yang paling natural, yang juga digunakan oleh mayoritas pengguna komputer, mulai pemula sampai yang berpengalaman.

Teknik genggaman yang diakui paling nyaman ini mengandalkan seluruh bagian telapak jari tangan hingga membuat Anda tidak mudah lelah, lebih leluasa dalam mengendalikan mouse, dan lebih cepat menggerakkannya. Teknik palm grip lebih cocok dalam penggunaan casual, karena penggunannya bisa membatasi refleks user dan menyebabkan delay jika dipaksa untuk memainkan game yang membutuhkan respons cepat.

 

2. Claw grip

Sesuai namanya, teknik claw grip membuat jemari Anda seakan sedang mencakar mouse, dengan kontak bagian tangan yang lebih sedikit pada mouse. Bagi Anda para pecandu game, teknik claw grip dijamin akan memudahkan pergerakan Anda, terutama saat menggunakan mouse bertombol banyak. 

Hasilnya, teknik yang cocok untuk digunakan saat memainkan game ber-genre Real Time Strategy (RTS) ini akan sangat memudahkan mobilitas kursor ketika hendak diarahkan ke arah depan atau ke belakang layar dengan cepat. Sayangnya, karena teknik ini tidak natural, jangan heran kalau tangan jauh lebih cepat letih.

 

3. Fingertip grip

Teknik yang satu ini pada dasarnya ialah pengembangan dari claw grip yang hanya memanfaatkan jari dan tidak menggunakan pergelangan tangan sama sekali.

Meski dapat mengontrol kursor dengan cepat, cengkraman seperti ini tergolong jarang digunakan karena membuat tangan gampang lelah. Di samping itu, penguasannya juga tak mudah. Sedikit bocoran bagi Anda yang ingin menggunakan teknik fingertip grip, carilah mouse dengan sensitifitas yang tinggi, ringan, tidak terlalu panjang, dan lebih datar pada bagian punggung belakangnya.

Itulah tiga teknik dalam menggunakan mouse yang paling sering diterapkan saat ini. Semoga dengan mengenal apa teknik yang Anda butuhkan dalam menggunakan mouse, Anda bisa lebih memahami spesifikasi mouse seperti apa yang Anda butuhkan.

WHAT TO READ NEXT ?