CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 4 Januari 2016 10:00

Drone pertama militer AS akhirnya dipensiunkan

Drone pertama militer AS, The Hunter akhirnya dipensiunkan dan diganti dengan drone baru yang lebih canggih

Drone pertama militer AS akhirnya dipensiunkan

Techno.id - Di Amerika Serikat (AS), regulasi pesawat tanpa awak (drone) untuk kepentingan publik memang baru saja diresmikan. Namun dalam ruang lingkup militernya, teknologi drone sejatinya sudah mulai digunakan selama lebih dari dua dasawarsa.

Fakta menariknya, drone pertama militer negara adidaya tersebut kini akhirnya dipensiunkan. Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (30/12), drone bernama "The Hunter" resmi digantikan oleh drone-drone baru berteknologi lebih maju.

The Hunter
© 2016 Ubergizmo.com

The Hunter sendiri merupakan sebuah alat pengintai. Ia tidak dirancang untuk menembakkan rudal atau menjatuhkan bom seperti drone canggih AS saat ini. Kendati demikian, The Hunter ternyata telah berjasa besar terhadap Angkatan Darat AS.

Operasi Balkan di tahun 1999 silam merupakan penerbangan pertama The Hunter. Militer AS mengatakan, keberhasilannya tak terlepas dari jasa The Hunter yang penuh dengan keterbatasan. Begitu pula dengan operasi militer AS di Irak pada tahun 2003 silam.

General Atomics Gray Eagle
© 2016 Wikimedia

Kini militer AS telah mengandalkan General Atomics Gray Eagle. Drone tersebut dapat mengudara selama 25 jam dengan ketinggian mencapai 29.000 kaki. Sementara The Hunter hanya dapat bertahan selama 12 jam dengan ketinggian 15.000 kaki.

WHAT TO READ NEXT ?