Tak disangka, Disney rilis robot yang bisa panjat tembok tinggi

Tak disangka, Disney rilis robot yang bisa panjat tembok tinggi

Techno.id - Biasanya, pembuat robot adalah perusahaan elektronik atau bisa juga para ilmuwan yang sedang bereksperimen. Namun robot yang satu ini ternyata dibuat oleh Disney. Benarkah?

Seperti yang telah diberitakan oleh AutoBlog pada hari Selasa (29/12/15) lalu, DIsney telah membuat sebuah robot yang cukup pintar. Berbeda dengan drone, robot buatan Disney ini lebih mirip disebut mobil. Memiliki 4 roda, dan sepasang baling-baling. Untuk apa baling-baling tersebut?

Tak disangka, Disney rilis robot yang bisa panjat tembok tinggi

Robot VertiGo buatan Disney
2015 3ders.org/3ders.org

Itulah yang membuat robot ini istimewa. Berbahan 3D printed, robot bernama VertiGo ini didesain oleh Disney Research yang bekerjasama dengan ETH Zurich. Sepasang baling-baling yang diusung VertiGo berfungsi sebagai pendorong sekaligus pengendali. Hanya itu saja?

Uniknya, saat berjalan hingga membentur tembok, alih-alih berbelok atau berputar arah, VertiGo justru mampu memanjat tembok tersebut dengan mudahnya. Ya, itulah fungsi lain dari propeller yang diusungnya.

Tentu saja, kemampuan inilah yang masih belum dimiliki oleh robot lain yang banyak diberitakan media selama ini. Nah, daripada Anda penasaran, simak saja videonya berikut ini...

(brl/red)