Di negara ini, iPhone 6 dijual seharga Rp 634 juta!

Di negara ini, iPhone 6 dijual seharga Rp 634 juta!

Techno.id - iPhone 6 saat ini boleh jadi merupakan salah satu smartphone mewah di dunia dengan banderol harga selangit. Di pasar Indonesia saja, smartphone terbaru besutan Apple ini bahkan masih dibanderol dengan harga di atas 10-15 juta rupiah.

Sekadar informasi bahwa banderol harga dari gadget semacam iPhone 6 tentu saja dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebut saja banyak tidaknya pasokan barang atau inflasi negara. Tapi, berapakah harga iPhone 6 termahal di dunia?

Jika ada pertanyaan seperti itu, maka negara Venezuela adalah jawabannya. Ya, kombinasi antara terbatasnya pasokan dan inflasi negara yang sangat tinggi membuat iPhone 6 di negara berpenduduk 33 juta jiwa itu dibanderol hingga sebesar USD 47.678 atau setara dengan Rp 634 juta!

Sebagaimana dikutip dari Cult of Mac (23/6/15), melonjaknya harga barang mewah seperti iPhone 6 membuat tingkat kriminalitas seperti perampokan di Venezuela tinggi. Tentu saja, angka pencurian ponsel adalah salah satu tindakan kriminal yang mendominasi.

"Jika Anda memiliki ponsel yang bagus dan menunjukkannya di tempat umum, mereka (pelaku kriminal) akan mencuri di beberapa titik tertentu," ujar Tina Liu selaku konsultan senior di Counterpoint Buenos Aires.

Di Venezuela, sejauh ini hanya ada dua hingga tiga toko saja yang memiliki modal untuk menyetok iPhone. Hal itu disebabkan karena vendor harus memiliki izin pemerintah setempat untuk mendapatkan saham penjualan.

Selain itu, harga iPhone 6 (yang mencapai Rp 634 juta) tersebut juga setara dengan upah minium pekerja di negara tersebut selama 41 bulan. Dengan kata lain, pekerja dengan upah minimum di Venezuela harus rela menyisihkan uang bulanan mereka selama 3 tahun 5 bulan jika ingin membeli iPhone 5.

(brl/red)