CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 20 Desember 2015 16:00

Dengan Android 6.0 Marshmallow, microSD Anda lebih berguna

Android 6.0 Marshmallow bisa mengubah microSD menjadi penyimpanan internal.

Dengan Android 6.0 Marshmallow, microSD Anda lebih berguna

Techno.id - Google secara diam-diam memberikan fitur menarik pada perangkat Android 6.0 Marshmallow. Semua smartphone yang sudah menjalankan sistem operasi tersebut dapat mengoptimalkan fungsi pada microSD. Bahkan, Anda bisa menjadikan microSD sebagai memori internal.

Ya, itu memang menjadi salah satu kelebihan dari Android 6.0 Marshmallow. Anda bisa memilih ingin menggunakan microSD sebagai penyimpanan eksternal atau internal. Menariknya lagi, jika Anda memilih untuk menjadikan microSD sebagai memori internal, maka SDcard tersebut akan diformat dan dienkripsi oleh sistem di Android 6.0 Marshmallow.

Setelah itu, sistem akan menjadikan microSD sebagai drive EXT4 dengan enkripsi AES 128-bit dan microSD tersebut sepenuhnya akan berubah menjadi memori internal. Dengan begitu, Anda tak akan menjumpai memori eksternal lagi di bagian pengaturan, namun Anda bakal mendapati penyimpanan internal Anda meningkat dengan tambahan kapasitas dari microSD.

Namun, ada satu hal yang harus Anda perhatikan. Memori internal hasil perpindahan dari microSD mempunyai kecepatan transfer yang sama dengan kecepatan dari microSD. Jadi, Anda jangan berharap akan mendapatkan kecepatan transfer yang cepat bila microSD Anda ternyata memang lambat, seperti yang disampaikan oleh PocketNow (18/12/2015).

Di samping itu, penyimpanan internal di smartphone Anda bisa lebih besar lagi, jika smartphone Anda mendukung perangkat USB OTG. USB OTG memungkinkan smartphone Anda memiliki kapasitas memori yang tak terhingga karena semuanya bergantung pada seberapa besar kapasitas USB yang Anda gunakan.

WHAT TO READ NEXT ?