Bersihkan foto di SD card, delete atau format?

Bersihkan foto di SD card, delete atau format?

Techno.id - Seringkali kita menghapus foto yang baru saja kita abadikan karena dirasa jelek. Atau, setelah memindahkan data pada SD card ke PC atau laptop, langkah yang selanjutnya dilakukan adalah memformat atau men-delete all dari desktop.

Seperti yang telah diberitakan oleh Light Stalking pada hari Rabu (21/10/15) lalu, ternyata langkah ini tak cukup aman. File yang Anda hapus secara manual dari kamera atau PC tidak benar-benar menghilangkannya.

File tersebut bisa dimunculkan kembali dengan beberapa software recovery. Foto yang dihapus baru benar-benar hilang setelah Anda menggunakan SD card tersebut untuk menyimpan foto baru.

Bersihkan foto di SD card, delete atau format?

Meski demikian, tetap saja hal tersebut sangat beresiko. Masalah yang sering timbul adalah file foto Anda corrupted atau rusak. Lalu, bagaimana seharusnya?

Jika Anda ingin memformat SD card, lakukanlah dari kamera, bukan dari PC atau laptop. Hal tersebut bisa mengurangi resiko file foto baru Anda rusak di kemudian hari.

Demikian juga dengan menghapus foto satu persatu dari kamera secara manual, bisa menyebabkan beberapa foto dalam SD card corrupted. Nah, jika Anda pernah atau bahkan sering mengalami hal tersebut, ada baiknya sedikit mengubah kebiasaan dengan memformat langsung dari kamera.

(brl/red)