7 Fakta menarik satu dekade munculnya microSD SanDisk

7 Fakta menarik satu dekade munculnya microSD SanDisk

Techno.id - Satu dekade sudah SanDisk menciptakan solusi penyimpanan data paling sukses sepanjang sejarah, microSD. Selama kurun waktu 10 tahun tersebut SanDisk telah mencatat angka penjualan mencapai 2 miliar kartu memori microSD dari awal dikenalkan 13 Juli 2015 hingga saat ini.

Menarik nampaknya untuk mengetahui bagaimana perjalanan SanDisk dalam memperkenalkan teknologi yang saat ini telah digunakan di hampir setiap perangkat mobile tersebut. Untuk itu, berikut Techno.id sajikan beberapa fakta menarik mengenai satu dekade perjalanan teknologi microSD dari SanDisk.

  1. SanDisk pertama kali meluncurkan microSD berkapasitas 32MB. Bentuk kartu microSD SanDisk terbaru adalah microSDXC yang menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 200GB, peningkatan sebesar 6250 kali hanya dalam kurun waktu 10 tahun saja.
  2. Perlu waktu tiga tahun bagi kartu CompactFlash untuk mencapai satu juta pengiriman. Sebaliknya, lebih dari satu juta kartu microSD telah dikirm pada kuartal pertama ketersediaannya.
  3. SanDisk rata-rata mengirimkan 6,34 kartu microSD setiap detiknya sejak secara resmi mengungkap spesifikasinya.
  4. Jika Anda menyusun 2 miliar kartu microSD dari ujung ke ujung, maka Anda akan mendapatkan deretan microSD sepanjang 29.694kilometer atau tiga perempat keliling dunia.
  5. Tahun 2014, SanDisk mengumumkan kartu memori SanDisk Ultra microSDXC UHS-I 128GB, perubahan dalam bentuk yang memungkinkan perusahaan untuk menumpuk secara vertikal hingga 16 memory die di kartu yang sama dan memperluas kapasitas tanpa mengubah jejak perangkat. Setiap memory die dalam kartu microSDXC ini lebih tipis dari sehelai rambut.
  6. Tahun 2015 ini, SanDisk memperkenalkan kartu SanDisk Ultra microSDXC 200GB UHS-I Edisi Premium, kapasitas besar untuk form factor tersebut diklaim telah meningkatkan kapasitas sebesar 56 persen hanya dalam waktu satu tahun saja.
  7. Kartu memori falsh SanDisk berada di posisi nomor satu dunia untuk pangsa pasar selama 13 tahun berturut-turut.

(brl/red)