Cara menggunakan sensor sidik jari pada Nexus 6P dan Nexus 5X

Cara menggunakan sensor sidik jari pada Nexus 6P dan Nexus 5X

Techno.id - Nexus 6P dan Nexus 5X mulai terkenal karena dua perangkat ini merupakan smartphone pertama di dunia yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Selain itu, keduanya juga diklaim sebagai smartphone pertama Google yang mendukung fitur sensor sidik jari. Google sendiri sering memanggil teknologi pemindai sidik jarinya dengan sebutan Nexus Imprint.

Jika Anda sedang berniat untuk membeli salah satu dari smartphone tersebut, Techno.id akan membantu Anda menunjukkan bagaimana cara kerja sensor sidik jari di Nexus 6P dan Nexus 5X. Teknologi sensor sidik jari atau Nexus Imprint tadi ditujukan untuk membuka kunci smartphone dan melakukan aktivitas pembayaran, seperti yang dikutip dari PhoneArena (14/11/2015).

Nantinya, bila Anda sudah membeli smartphone tersebut, Anda dapat mengaktifkan Nexus Imprint dari menu Setting > Security > Nexus Imprint. Namun, Anda hanya bisa menggunakan Nexus Imprint untuk membuka kunci smartphone, apabila smartphone Anda sudah mengaktifkan kunci keamanan (password, PIN, pattern).

Hebatnya lagi, tak hanya sidik jari Anda yang dapat dikenali oleh Nexus 6P atau Nexus 5X. Pasalnya, dua perangkat ini juga membiarkan beberapa pengguna bisa mengakses smartphone yang sama. Syaratnya, mereka harus menambahkan sidik jarinya juga di smartphone. Sidik jari ini dapat ditambah atau dihapus sesuai keinginan pengguna. Namun, alangkah lebih aman, jika yang diperbolehkan mengakses sensor sidik jari adalah keluarga terdekat saja.

Lebih lanjut, bila sidik jari mereka sudah ditambahkan, maka seluruh pengguna yang sudah terdaftar sidik jarinya bisa membuka smartphone dengan cara menyentuh sensor sidik jari di bagian belakang. Pengguna bisa membukanya apabila mereka sudah melihat ikon berbentuk sidik jari di layar depan smartphone.

(brl/red)