Bulan depan, CPU mungil buatan Intel siap dijual di Tanah Air

Bulan depan, CPU mungil buatan Intel siap dijual di Tanah Air

Techno.id - Sempat dijual dengan sistem pre-order bulan lalu secara global, Compute Stick akhirnya datang juga ke Indonesia. Kini, publik cuma perlu bersabar sedikit, karena CPU mini ini sedang berada di tahap sertifikasi. Begitu hasilnya keluar, Compute Stick akan segera dipasarkan secara luas.

"Sekitar Juni kemungkinan sertifikasi sudah keluar," terang Hermawan pada Merdeka.com (5/5/15). Kepastian ini didapat saat acara perilisan Intel Compute Stick hari Selasa kemarin.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Compute Stick memiliki fungsi layaknya CPU, terlepas dari bentuknya yang sangat kecil. Spesifikasinya meliputi: prosesor quad-core, RAM sebesar 2GB, serta penyimpanan internal 32GB. Untuk urusan koneksi, tersedia pula port HDMI plus USB, Wi-Fi, dan Bluetooth 4.0.

Namun, kemampuan Compute Stick ini juga bakal disederhanakan dan terfokus pada tugas sederhana saja, seperti browsing, media hiburan, serta pendukung bisnis kecil dan menengah.

Meski begitu, Hermawan optimistis Compute Stick akan diminati pasar Tanah Air. Selain cukup fungsional, harganya kemungkinan juga tak akan mahal, yakni di bawah Rp2 juta.

"Dilihat dari harganya saja sudah ketahuan bakal banyak peminatnya," ramalnya.

(brl/red)