Langkahi Google, Intel mulai jual CPU berwujud stik USB buatannya

Langkahi Google, Intel mulai jual CPU berwujud stik USB buatannya

Techno.id - April lalu, Google baru berancang-ancang untuk meluncurkan Chromebit, tetapi Intel bergerak cepat dengan lebih dahulu menjual Compute Stick. Menurut laporan dari liliputing (5/4/15), stik yang dapat mengubah monitor modern menjadi PC siap pakai ini telah tersedia dalam sistem pre-order. Tahap ini bisa dibilang sebagai tahap pemanasan, sebelum Compute Stick dilego secara global pada 6 Mei mendatang.

Pada dasarnya, Compute Stick memang berfungsi layaknya CPU, lengkap dengan sistem operasi dan software pendukung. Akan tetapi, penggunaannya lebih terbatas dan terfokus pada tugas sederhana, seperti browsing dan video-streaming. Namun tetap saja, inovasi yang satu ini cukup menggoda pasar karena menawarkan fitur futuristik dan fleksibilitas pada konsumen.

Meski sama-sama dilengkapi dengan fitur Wi-Fi, Bluetooth 4.0, serta USB plus HDMI port, Intel menawarkan USB dongle ini dalam dua varian. Versi Compute Stick yang pertama berisi sistem operasi Windows 8.1 yang didukung oleh RAM 2GB dan memori internal 32GB. Sedangkan versi kedua mendukung OS Linux, yang ditopang dengan RAM 1GB dan penyimpanan lokal 8GB. Masing-masing perangkat tadi dibanderol seharga Rp2 juta dan Rp1,2 juta.

Di sisi lain, Chromebit rencananya akan dijual Google seharga kurang dari Rp1,5 juta. Rencananya, perangkat ini baru tersedia di pasaran sekitar bulan Juli atau pertengahan tahun 2015.

Compute Stick atau Chromebit, mana yang akan Anda pilih?

(brl/red)