Apple akan hentikan layanan support ke beberapa produk lamanya

Apple akan hentikan layanan support ke beberapa produk lamanya

Techno.id -Pada 9 Juni 2015 mendatang, Apple dikabarkan akan mulai menghentikan layanan support untuk beberapa produknya (seperti iPhone dan Mac) yang dianggap sudah 'usang'. Dengan kata lain, produk 'usang' tersebut tak lagi menerima layanan atau perbaikan dari retail resmi Apple.

Jika melihat lebih rinci dari daftar yang diberikan, produk-produk Apple tersebut jika disesuaikan dengan waktu saat ini memang telah berusia sekitar 5-7 tahun setelah waktu peluncuran. Seperti diketahui, usia di kisaran tersebut untuk sebuah gadget memang sudah tergolong tua.

Kendati begitu, Apple masih menyediakan layanan AppleCare jika pengguna masih tetap ingin bertahan dengan produk-produk lama Apple. Namun perlu diketahui bahwa layanan AppleCare hanya sebatas konsultasi perangkat dan bukan berupa perbaikan resmi, sehingga solusinya adalah mencari layanan perbaikan alternatif atau tidak resmi.

Seperti dikutip 9to5mac.com (15/05/2015), berikut ini daftar produk Apple yang akan dihentikan layanan supportnya:

  • iPhone (iPhone 3G, iPhone 3GS, Original iPhone)
  • Mac (MacBook Pro 17-inch, iMac 20-inch, iMac 24-inch, MacBook Pro 15-inch 2.4/2.2GHz, dan MacBook Pro 17-inch 2.4GHz)
  • iPod (iPod Shuffle original, iPod Shuffle 2nd generation, iPod 5th generation, iPod U2 5th generation, iPod Photo, iPod Mini)
  • AirPort Express Base Station
  • Xserve
  • Xserve RAID

Untuk daftar produk yang lebih lengkap dapat dilihat melalui tautan ini.

Kebijakan Apple untuk menghentikan layanan support untuk produk-produk Apple di atas nantinya akan berlaku secara global atau di seluruh benua, yakni Asia-Pasifik, Kanada, Eropa, Jepang, Amerika Latin, Amerika Serikat, dan toko retail resmi Apple.

(brl/red)