CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 18 Juni 2015 14:00

AMD luncurkan VGA dengan fitur sistem pendingin

AMD secara resmi umumkan Radeon R9 Fury dan Fury X, VGA yang dilengkapi dengan sistem pendingin (water-cooled)

AMD luncurkan VGA dengan fitur sistem pendingin

Techno.id - Setelah selama kurang lebih satu tahun setengah pasca peluncuran R200 series, perusahaan AMD dalam ajang E3 akhirnya secara resmi mengumumkan kartu grafis (VGA) terbarunya yang dinamai Radeon R9 Fury dan Fury X. Menariknya, VGA terbaru ini dilengkapi dengan fitur sistem pendingin (water-cooled).

Karena dilengkapi dengan sistem pendingin, produk jajaran R300 series yang menggunakan graphic processing unit (GPU) berkode nama Fiji dan teknologi high bandwidth memory (HBM) terbaru ini diklaim langsung oleh Chief Technology Officer AMD Joe Macri sangat cocok digunakan oleh para overclocker.

"Anda dapat melakukan overclock seperti tak ada hari esok. Ini adalah impian para overclocker," ujar Joe seperti dikutip PC World (17/06/2015).

Bicara soal kinerja yang ditawarkan, VGA Fury X dilaporkan mampu menjalankan game Tomb Raider pada 45 frame per detik dengan resolusi 5K. Selain itu, AMD juga membekali Fury X dengan 4096 stream processors dan 8,9 miliar transitor.

Sedangkan untuk Radeon R9 Fury sendiri adalah 'versi murah' dari saudaranya Fury X, yang tentunya dengan spesifikasi yang lebih rendah. Kendati begitu, Radeon R9 Fury juga menggunakan GPU Fiji dan dilengkapi dengan sistem pendingin layaknya Fury X.

Masih melalui sumber yang sama, AMD berencana untuk mulai memasarkan Radeon R9 Fury pada 14 Juli mendatang dengan banderol harga sekitar Rp 7,3 juta. Sedangkan Fury X akan dibanderol dengan harga kisaran Rp 8,6 juta.

Selain kedua VGA di atas, AMD dalam ajang E3 juga menyempatkan diri untuk menyertakan Fiji pada kartu grafis Radeon N9 Nano. Sesuai namanya, Radeon N9 Nano berukuran cukup kecil yakni dengan panjang sekitar 15 cm. Namun Presiden Direktur dan CEO AMD Lisa Su mengklaim bahwa Radeon N9 Nano memiliki performa yang lebih tinggi daripada Radeon R9 290X.

WHAT TO READ NEXT ?