Alat ini bantu hilangkan kebiasaan bermain gadget sambil mengemudi

Alat ini bantu hilangkan kebiasaan bermain gadget sambil mengemudi

Techno.id - Seperti diketahui, bermain gadget sembari mengemudi merupakan sebuah tindakan yang sangat berbahaya. Ironisnya, kebiasaan buruk tersebut saat ini masih saja banyak dijumpai di berbagai belahan dunia.

Mengingat kebiasaan itu memiliki risiko tinggi, seorang pria bernama T.J. Evarts berusaha menciptakan solusinya. Di ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2016, pria ini memperkenalkan sebuah alat SMARTWheel.

Sebagaimana dikutip dari MTV (06/01), SMARTWheel merupakan sebuah pembungkus setir mobil. Ia dilengkapi dengan sebuah sensor tangan yang kemudian dapat diintegrasikan dengan aplikasi gadget seperti smartphone.

Saat aplikasi diaktifkan, sensor SMARTWheel akan berbunyi ketika kedua tangan pengemudi sedang tidak dalam posisi memegang setir. Ya, asumsinya adalah menganggap jika kedua tangan pengemudi sedang memegang gadget.

Secara sekilas, SMARTWheel mungkin dapat membantu menghilangkan kebiasaan bermain gadget sambil mengemudi. Yang cukup disayangkan, alarm tersebut juga akan tetap berbunyi meskipun pengemudi hanya sekadar mengganti persneling.

SMARTWheel sendiri saat ini tengah dipamerkan di ajang tahunan Consumer Electronics Show 2016. Menurut rencana, ia bakal mulai dipasarkan pada semester pertama tahun 2016. Hanya saja, harga banderol masih belum diketahui.

(brl/red)