Twitter rilis fitur Swipe pada bulan Januari 2023, ini fungsi dan cara menggunakannya

Twitter rilis fitur Swipe pada bulan Januari 2023, ini fungsi dan cara menggunakannya

Techno.id - Semenjak Elon Musk mengakuisisi Twitter, ada banyak fitur yang dihadirkan untuk pengguna. Kali ini, Elon mengumumkan fitur sistem navigasi terbaru.

"Navigasi Twitter baru hadir pada Januari memungkinkan menggeser ke samping untuk beralih antara tweet yang direkomendasikan dan diikuti, tren, topik, dll,". Cuitan Elon Musk di Twitter.

Dengan update terbarunya, pengguna Twitter dapat melakukan swipe, untuk beralih antara tweet yang direkomendasikan dan diikuti, tren, topik, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya Elon Musk telah memberikan sinyal untuk merealisasikan fitur Swipe ini. Ia menyebutkan bahwa "timeline utama harus memungkinkan menggeser ke samping yang mudah antara topik teratas, terbaru, tren, dan pengguna ikuti." dikutip Techno.id dari laman The Verge pada Rabu (4/1).

Melalui fitur terbarunya, pengguna Twitter dapat mengganti timeline yang menunjukkan tweet terbaru secara kronologis, dengan timeline Home yang menampilkan tweet rekomendasi. Caranya cukup mengklik bintang di sudut kanan atas layar beranda Twitter.

"Sampai saat itu, ketuk ikon bintang di kanan atas layar beranda untuk beralih," imbuh pemilik sekaligus CEO Twitter.

Fitur yang telah diumumkan oleh Musk ini dapat memberikan tampilan ekstra dan membuat Twitter lebih mudah diakses, dengan menggeser maupun swipe.

Twitter rilis fitur Swipe pada bulan Januari 2023, ini fungsi dan cara menggunakannya

foto: Techno.id/ Adnan

Namun sayangnya, sampai saat ini Twitter belum resmi merilis fitur Swipe tersebut. Kendati demikian, fitur ini akan dapat dinikmati dengan mengetuk ikon bintang di pojok kanan layar beranda. Nantinya akan ada sebuah pilihan untuk pengguna memilih tweet apa saja yang bisa dinikmati.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur bagaimana konten tersebut disajikan oleh UI. Twitter memberikan fitur preferensi konten untuk pengguna, agar nantinya sistem tidak menampilkan tweet berisi hal sensitif hingga mengganggu pengguna.


(brl/guf)