Cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan, kenali juga sebabnya

Cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan, kenali juga sebabnya

Techno.id - Twitter merupakan salah satu aplikasi media sosial yang tentu sudah tidak asing di telinga hampir semua orang. Sistem kerja Twitter sebenarnya hampir mirip dengan aplikasi sosial media lainnya. Setiap pengguna diberi akses untuk mengunggah foto, video, bahkan membuat cuitan dengan mengetikkan beberapa kata atau kalimat pada kolom yang disediakan.

Selama menggunakan Twitter, ada saja beberapa momen yang sejujurnya kurang mengenakkan. Momen paling sedih tentu terjadi ketika akun Twitter yang dimiliki ditangguhkan atau diblokir. Penyebab akun Twitter yang diblokir tentu sangat beragam. Selain itu, penangguhan pada akun Twitter juga membuat empu dari aplikasi sosial media tersebut tidak bisa mengoperasikannya seperti biasa.

Namun masalah akun ditangguhkan tentu bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan. Beberapa cara yang disediakan tentu patut dicoba, terlebih jika akun yang dimiliki sudah memiliki banyak followers atau bahkan bisa menghasilkan uang.

Untuk menilik lebih detail mengenai bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/9), cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan.

Penyebab akun Twitter ditangguhkan

Cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan, kenali juga sebabnya

foto: pixabay.com

Sebelum masuk ke pembahasan utama yang menerangkan cara mengatasi akun Twitter yang ditangguhkan, tidak ada salahnya mengetahui penyebab masalah tersebut bisa terjadi. Setidaknya ada tiga penyebab utama yang perlu diketahui terkait penangguhan akun Twitter. Untuk membahas lebih detail penyebab akun Twitter ditangguhkan, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Akun palsu

Akun palsu pada Twitter sendiri dapat diartikan sebagai akun yang digunakan untuk mengirim spam, berita palsu, melakukan bom like, dan masih banyak lagi. Akun yang seperti ini tentu sangat mengganggu kenyamanan pengguna lain. Maka bukan hal mustahil jika pihak Twitter secara tegas menangguhkan banyak akun palsu.

2. Konten berbahaya

Setiap akun Twitter tentu memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto maupun video. Namun ada beberapa akun Twitter yang mengunggah foto atau video vulgar dan kekerasan. Selain mengganggu pengguna lain, akun yang mengunggah foto atau video vulgar dan kekerasan akan sangat besar kemungkinannya untuk ditangguhkan.

3. Peretasan akun

Penyebab penangguhan akun Twitter yang terakhir tentu paling berbahaya. Bagaimana tidak, akun Twitter yang semula diisi dengan data pribadi baik foto maupun video kemudian diretas oleh orang lain. Untuk menangani masalah tersebut, pihak Twitter tidak ambil pusing untuk menangguhkan akun yang telah diretas.

Cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan

Cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan, kenali juga sebabnya

foto: pixabay.com

Setelah mengetahui penyebab utama akun Twitter ditangguhkan, sekarang beralih ke pembahasan utama. Untuk mengatasi akun Twitter yang ditangguhkan, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Website resmi Twitter menyediakan setidaknya dua cara yang bisa kamu lakukan ketika akun yang kamu miliki ditangguhkan. Dua cara berikut tentu tidak selalu berhasil. Pihak Twitter juga akan mempertimbangkan alasan akun yang kamu miliki ditangguhkan. Untuk mulai mengembalikan akun Twitter yang telah ditangguhkan, kamu bisa simak cara berikut.

1. Batalkan penangguhan akun Twitter

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah, bahkan tanpa memerlukan banyak persiapan. Jika akun Twitter yang kamu miliki ditangguhkan, segera ikuti cara berikut ini.

1. Masuk ke website resmi twitter.com/login menggunakan perangkat yang kamu miliki.
2. Login menggunakan username dan password yang kamu miliki.
3. Secara otomatis pihak Twitter akan mengirimkan konfirmasi pengaktifan kembali akun yang kamu miliki.
4. Jika kamu memilih untuk mengaktifkan ulang akun Twitter yang ada, secara otomatis akun yang kamu gunakan akan dialihkan secara otomatis ke Beranda.
5. Ikuti langkah yang diarahkan oleh Twitter dan pastikan jangan ada yang terlewat.
6. Pihak Twitter secara otomatis akan membantu pengaktifan akun kamu yang ditangguhkan.

2. Melakukan banding

Sama seperti kebanyak akun media sosial, Twitter juga menyediakan opsi pengajuan banding bagi setiap penggunanya. Cara ini bisa kamu gunakan jika merasa akun yang kamu miliki tidak digunakan untuk kepentingan yang aneh. Untuk mulai melakukan banding, kamu bisa simak langkah berikut.

1. Buka browser yang ada pada peerangkat kamu kemudian ketikkan https://help.twitter.com/en/forms/account-access/appeals/redirect.
2. Laman tersebut berisikan form pengajuan banding yang perlu kamu lengkapi.
3. Jika sudah berhasil membuka form tersebut, kamu bisa pilih Account Access untuk mulai mengajukan banding.
4. Kamu hanya perlu mengisikan data diri dan alasan mengapa akun Twitter yang dimiliki ingin tidak ditangguhkan.
5. Pastikan apa yang kamu isikan bisa dipertanggungjawabkan khususnya bagian data.
6. Jika proses pengisian form sudah selesai, kamu hanya perlu menunggu hingga akun Twitter yang kamu miliki bisa digunakan kembali.

(brl/guf)