Twitter bakal hadirkan centang biru, emas dan abu-abu, ini artinya

Twitter bakal hadirkan centang biru, emas dan abu-abu, ini artinya

Techno.id - Setelah Twitter diakuisisi oleh Elon Musk, terdapat sejumlah perubahan yang dilakukan. Mulai dari perombakan karyawan sampai fitur yang diberikan lengkap dilakukan. Tentu hal tersebut semata untuk membawa platform Twitter lebih menguntungkan.

Di bawah kepemimpinan Elon, baru-baru ini Twitter akan mengeluarkan kebijakan verifikasi akun baru. Dilansir dari kicauan Twitter Elon @elonmusk, ia mengatakan Twitter nantinya bakal ada tiga warna, mencakup warna emas, abu-abu, dan warna yang sudah ada saat ini yaitu biru.

Lantas apa arti dari verifikasi warna baru yang akan diterapkan di akun pengguna Twitter tersebut? Kali ini techno.id akan memberikan arti dari tanda centang berwarna beda dalam Twitter yang dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (29/11).

Melansir dari balasan Elon Musk terhadap unggah akun Twitter lain, ia mengatakan "Centang emas untuk akun-akun perusahaan, centang abu-abu untuk pemerintah, dan centang biru untuk akun-akun milik individu, baik itu pesohor atau bukan," dikutip techno.id dari Twitter.com/@elonmusk pada Selasa (29/11).

Berdasarkan penjelasan dari Elon Musk dalam unggahannya, dapat disimpulkan bahwa akan ada tiga warna yaitu emas, abu-abu dan biru. Berikut arti dari centang warna tersebut:

- Centang emas merupakan akun milik perusahaan resmi terdaftar
- Centang abu-abu untuk akun milik pemerintah
- Centang biru menandakan akun tersebut milik pribadi baik merepresentasikan publik figur maupun pengguna biasa

Sebelumnya Twitter hanya memiliki tanda centang biru untuk para akun terkemuka, seperti milik selebriti, politisi, jurnalis, departemen pemerintahan, dan perusahaan besar. Ada sekitar 400 ribu lebih akun yang telah mendapatkan centang biru di Twitter. Namun berkat pembaharuan tersebut, kini akun centang biru bisa didapatkan oleh akun Twitter biasa saja.

Twitter bakal hadirkan centang biru, emas dan abu-abu, ini artinya

foto: Gizmochina.com

"Semua individu manusia yang terverifikasi akan memiliki centang biru yang sama, karena batas dari apa yang dianggap 'terkemuka' terlalu subjektif," imbuh Elon.

Tanda centang berbeda warna ini nantinya bisa diperoleh akun perusahaan, pemerintah, maupun pengguna Twitter dengan berlangganan Twitter Blue dengan harga 8 US$ atau setara Rp 125 ribu perbulan.

Lebih lanjut, Elon memperjelas bahwa proses dari verifikasi akun dengan centang tersebut akan dilakukan secara manual. Hal itu semata untuk menjaga agar status centang tidak disalahgunakan.

Selain itu, akun baru Twitter juga perlu menunggu kurang lebih 90 hari supaya mereka bisa mendapatkan status centang di akun Twitter mereka.

Pemimpin perusahaan Tesla, Spacex dan Twitter ini menambahkan bahwa status Twitter memakai centang tiga warna, menjadi program Twitter Blue yang ditingkatkan. Tanda centang tersebut sudah mulai diluncurkan pada 2 Desember 2022 mendatang.

"Maaf atas keterlambatannya, untuk sementara kami akan meluncurkan Verified pada Jumat minggu depan," ujar Elon.

Perlu dicatat bahwa program berlangganan di Twitter Blue memiliki benefit akses-akses fitur premium. Akan tetapi platform tersebut hanya mencakup wilayah AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru saja. Namun program berlangganan Twitter Blue, dan centang tiga warna tersebut bakal berlaku untuk pengguna di seluruh dunia atau tidak.


(brl/guf)