Twitter luncurkan fitur Community Notes, bantu cegah informasi hoaks

Twitter luncurkan fitur Community Notes, bantu cegah informasi hoaks

Techno.id - Platform media sosial Twitter secara resmi meluncurkan fitur baru yaitu Community Notes. Fitur ini digelontorkan untuk membantu pengguna terhindar dari salah informasi dan hoaks di Twitter.

Melalui akun Twitter resmi Community Notes di @CommunityNotes, mereka menjelaskan bahwa fitur ini sudah mulai dihadirkan untuk pengguna secara global.

"Pengguna Twitter di mana pun bisa melihat dan memberikan respons untuk catatan, untuk membantu memastikan bahwa catatan yang diberikan bermanfaat bagi orang-orang dari berbagai sudut pandang," tulis Twitter.

Lantas bagaimana kemampuan dari Community Notes yang baru saja diluncurkan oleh Twitter? Pada kesempatan ini Kamis (15/12), techno.id akan membahas fitur Community Notes yang dihimpun dari berbagai sumber.

Setelah diakuisisi oleh Elon Musk, Twitter terus berbenah dengan memberikan berbagai pembaruan fitur. Sebenarnya sistem serupa sudah dimiliki Twitter yaitu Birdwatch. Namun berkat kehadiran Elon, fitur tersebut diubah menjadi Community Notes.

Sama seperti Birdwatch, Community Notes adalah sistem untuk cek fakta berskala besar dengan metode crowdsource. Artinya metode ini memungkinkan siapa saja yang tergabung dalam program Community Notes dapat mengoreksi informasi yang berpotensi menyesatkan atau hoaks.

Pengguna Twitter yang tergabung dalam Community Notes akan menjadi moderator atau kontributor. Pengguna tersebut dapat menambahkan catatan di twit dengan indikasi hoaks. Bahkan catatan yang diberikan akan mengambil dari sumber referensi sekaligus menyematkan link dari laman resmi penerbit maupun organisasi terkait.

Twitter luncurkan fitur Community Notes, bantu cegah informasi hoaks

foto: Twitter/ @CommunityNotes

Nantinya pengguna Twitter lainnya yang melihat kicauan dengan tambahan catatan dari moderator dapat memberikan respon. Akun lain dapat memberikan tanggapan, apakah catatan yang diberikan moderator membantu mereka atau sebaliknya.

Akan ada pilihan jawaban "Ya", "Mungkin", dan "Tidak" yang disediakan. Apabila pengguna memilih jawaban "Ya" maka sistem akan memberi pertanyaan lanjutan terkait bagian mana saja yang dianggap membantu. Namun apabila pengguna memilih jawaban "Tidak", maka pertanyaan lanjutannya adalah terkait apa yang membuat pengguna tidak setuju.

Sedangkan jika pengguna memilih jawaban "Mungkin", pertanyaan lanjutan yang diberikan adalah bagaimana saja yang menurut pengguna bermanfaat dan tidak bermanfaat. Lebih cenderung pengguna diminta untuk berpendapat terkait Notes yang diberikan. Kemudian jawaban dapat dikirim dengan mengetuk opsi "Submit and Agree".

Lebih lanjut, Twitter meluncurkan fitur ini secara adil. Artinya pengunggah twit dapat memberikan catatan hingga melaporkan, apabila Notes yang dikirim moderator terbukti salah, atau tidak sesuai. Pengguna dapat mengajukan peninjauan tambahan apabila merasa tidak terima dengan catatan yang diberikan oleh Kontributor Community Notes.

Pengguna lain juga mendapatkan kemampuan untuk melaporkan catatan yang dinilai tidak sesuai dengan konteks. Apabila kedapatan Notes yang ditambahkan melanggar aturan, cukup ketuk ikon titik tiga, kemudian pilih opsi "Laporkan". Nantinya sistem akan melakukan pemblokiran atau mencabut kemampuan menulis moderator, apabila kedapatan melakukan kesalahan.

Catatan yang ditambahkan ke dalam twit tentu ditulis oleh moderator. Artinya Twitter tidak akan menulis, merespons, atau memoderasi catatan yang dibuat oleh moderator. Kecuali, moderator melanggar ketentuan layanan dan kebijakan dari Twitter.

Twitter berencana akan memperluas sebaran moderator berdasarkan masing-masing negara. Karena tentu setiap wilayah mempunyai kepentingan berbeda. Bagaimana sobat techno, tertarik untuk menjadi bagian dari Community Notes?


(brl/guf)