Spotify luncurkan fitur daftar putar berbasis AI, begini cara menggunakannya

Spotify luncurkan fitur daftar putar berbasis AI, begini cara menggunakannya

Techno.id - Spotify menambahkan komponen kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ke pembuatan daftar putar. Dengan daftar putar AI baru ini pengguna hanya perlu memasukan perintah kepada AI dengan beberapa teks, sisanya akan dikerjakan AI.

Jika kamu tidak yakin lagu apa yang paling sesuai dengan suasana hati, cukup beri tahu AI Spotify untuk membuat daftar putar yang sempurna. Lebih dari setahun setelah meluncurkan fitur AI DJ-nya, Spotify akhirnya memperkenalkan fitur bertenaga AI lainnya, AI Playlist.

Tersedia dalam versi beta terlebih dahulu untuk pelanggan Premium di Inggris Raya dan Australia, AI Playlist memungkinkan pengguna memasukkan perintah teks untuk membuat daftar putar.

Spotify menawarkan contoh teks deskriptif yang meminta beberapa inspirasi, seperti musik santai untuk menenangkan. Kemungkinannya tidak terbatas. Kamu dapat meminta daftar putar musik untuk membuat bersemangat. Petunjuknya dapat merujuk tempat, hewan, aktivitas, karakter film, warna, atau bahkan emoji. Seperti halnya dengan semua AI generatif, kamu dapat menyempurnakan output dengan memberikan instruksi tambahan ke AI.

Spotify luncurkan fitur daftar putar berbasis AI, begini cara menggunakannya foto: spotify

Meskipun AI Spotify akan memilih lagu dari berbagai genre, dekade, dan artis, preferensi kamu akan membantu AI membentuk daftar putar. Ada beberapa batasan, permintaan kamu tidak boleh tentang merek, acara terkini, atau deskripsi yang tidak terkait dengan musik. Fitur ini untuk pelanggan Spotify Premium, di aplikasi Android atau iOS Spotify.

Setelah daftar putar dibuat, kamu dapat menyempurnakannya dengan petunjuk lebih lanjut seperti lagu terbaru atau sedikit lebih lambat. Sebenarnya menggunakan AI untuk membuat daftar putar bukanlah hal baru.

Kamu dapat meminta salah satu alat AI generatif untuk membuat daftar putar. Integrasi di Spotify membuat alat baru ini nyaman digunakan bagi pengguna layanan. Ide utamanya adalah untuk memperluas kemampuan membuat daftar putar. Spotify menjanjikan AI Playlist akan diperluas ke wilayah dan negara lain dalam waktu dekat.

Cara menggunakan daftar putar berbasis AI di Spotify

Untuk menggunakan fitur Daftar Putar AI, buka Perpustakaan kamu di aplikasi Spotify. Dari sana, klik tombol plus untuk membuat daftar putar baru, lalu ketuk AI Playlist. Kamu akan melihat beberapa saran, atau kamu dapat membuatnya sendiri.

1. Ketuk tombol plus di perpustakaan kamu untuk membuat daftar putar baru.

2. Pilih AI Playlist (Beta) dari opsi yang muncul.

3. Ketik apa yang kamu inginkan. Spotify mencantumkan beberapa saran untuk dicoba.

4. Tunggu AI Spotify melakukan keajaibannya.

5. Lihat lagu-lagunya dan aktifkan tombol buat untuk membuat daftar putar.

6. Kamu juga dapat mengaktifkan batal untuk menghentikan proses, atau menggunakan bidang teks refine untuk menyempurnakannya lebih lanjut.

(brl/red)