Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2  yang lebih bertenaga

Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2  yang lebih bertenaga

Sony Xperia 5 V

Kamera dan baterai

Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih bertenaga foto: sony

Sayangnya ponsel ini menghilangkan kamera telefoto yang ada apa generasi sebelumnya. Untuk memindahkan sensor utama Exmor T for Mobile yang mewah dari Xperia 1 V, sekaligus menekan biaya, tampaknya Sony memutuskan menghilangkan sensor telefoto yang telah digunakan lini Xperia 5 selama beberapa generasi.

Untuk mengatasi hal ini, Sony masih menyematkan perangkat keras kamera 3 in 2. Di mana kedua sensor dapat mencapai tiga panjang fokus yakni 16mm dari kamera 12MP ultra-wide, sedangkan sensor utama 52MP dengan resolusi efektif 48MP, dan foto 24mm dari kamera 12MP (pixel-binned), serta bidikan zoom 2x 48mm.

Secara teknis berarti zoom 2x Xperia 5 V ideal untuk mode potret. Sony juga menjanjikan pemrosesan gambar AI yang lebih baik untuk menghasilkan bokeh pada foto pemandangan.

Fitur Creative Looks yang terdapat pada Xperia 1 V juga diboyong ke dalam Xperia 5 V. Sedangkan untuk perekaman video Sony menyematkan fitur S-Cinetone, penambahan perekaman gerakan lambat, dan perekaman audio mikrofon stereo.

Aplikasi tambahan yang disebut Video Creator juga tersedia, dengan fitur Auto Edit yang dirancang untuk membantu pengguna membuat video yang menarik dari gambar diam dan video mereka, lengkap dengan musik, dalam hitungan detik.

Mengenai baterai, Sony telah menjadi pelopor dalam hal perlindungan baterai dan teknologi perpanjangan masa pakai. Semua itu tetap ada pada Xperia 5 V. Bahkan Sony mengklaim baterai Xperia 5 V bisa tahan hingga tiga tahun.

Ponsel ini dibekali baterai 5.000 mAh, sama seperti Xperia 5 IV, yang mendukung pengisian daya cepat berkabel 30W, ditambah pengisian daya nirkabel hingga 18W.

Spesifikasi dan fitur

Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih bertenaga foto: sony

Sony mengklaim dalam hal baterai Xperia 5 V yang mengesankan adalah hasil dari peningkatan efisiensi termal. Di mana penyebaran panas 40% lebih baik dan penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm mampu menghasilkan peningkatan konsumsi daya 20%.

Sementara dari sisi memori, Sony Xperia 5 V dibekali RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dengan penyimpanan yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB.

Sedangkan untuk perangkat lunak, Sony tetap menggunakan Android 13, dengan janji pembaruan OS selama dua tahun dan pembaruan keamanan selama tiga tahun.

Spesifikasi Sony Xperia 5 V

Dimensi : 154 x 68 x 8.6mm

Bobot : 183 grams

Layar : 6.1-inch 21:9 Full HD+ 120Hz OLED, Gorilla Glass Victus 2

Audio : Full-stage stereo speakers, 3.5mm headphone jack

Chipset : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2

RAM : 8GB

Memori : 128GB + microSD expandable (up to 1 TB)

OS : Android 13

Kamera utama : 52MP (48MP effectve) 24mm w/ OIS (Sony Exmor T for mobile)

Kamera Ultra-wide : 12MP (16mm)

Kamera depan : 12MP

Baterai : 5.000mAh

Pengisianan daya : 30W wired, 18W wireless

Warna : Hitam, Biru, Platinum Silver

(brl/red)