Samsung Bixby miliki kemampuan bisa tiru suara pengguna, ini rahasianya

Samsung Bixby miliki kemampuan bisa tiru suara pengguna, ini rahasianya

Techno.id - Samsung telah berhasil meluncurkan sistem operasi terbarunya, yaitu One UI 5.1. Ada berbagai fitur menarik yang dihadirkan oleh developer asal negeri Ginseng ini. Salah satunya adalah Bixby Text Call.

Bixby Text Call merupakan inovasi dari Samsung untuk fitur panggilan telepon. Fitur ini dapat menjawab panggilan telepon masuk dengan mengetik jawabannya. Nah, jawaban tersebut akan diberikan dalam bentuk pesan suara, bukan tulisan layaknya chat.

Melalui fitur tersebut, pengguna bisa mendapatkan efisiensi penggunaan perangkat, tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Terlebih penelpon juga merasa puas karena, jawaban berupa audio suara seperti pemilik HPnya. Lantas bagaimana kemampuan dari fitur baru OS Samsung ini? Berikut techno.id pada Selasa (28/2), sajikan kemampauan Samsung Bixby Text Call yang dapat meniru suara pemilik HPnya, dari berbagai sumber.

Bixby Text Call menyediakan berbagai pilihan suara untuk dijadikan sebuah output jawaban dari pengguna. Fitur ini biasa dipakai dalam menjawab panggilan telepon. Terbaru, developer memberikan opsi untuk Bixby dapat menirukan suara pemilik HP.

Samsung Bixby miliki kemampuan bisa tiru suara pengguna, ini rahasianya

foto: Samsung.com

Cara menerapkan fitur agar Bixby dapat meniru suara pemiliknya cukup mudah. Nantinya pengguna harus merekam suaranya dengan membaca sejumlah kalimat yang diberikan oleh sistem Bixby Voice Creator. Melalui skema kecerdasan buatan atau AI, fitur ini dapat memanfaatkan hasil rekaman suara untuk membuat berbagai kalimat menggunakan suara si pengguna.

Fitur menarik dari Bixby Text Call ini tersedia dalam bahasa Inggris. Perangkat Samsung yang dapat menerapkan fitur ini antara lain, Galaxy S23, Z Fold 4, dan Z Flip 5.

Sayangnya, Voice Creator untuk membuat suara mirip pengguna baru tersedia dalam bahasa Korea. Melansir dari Techspot, Selasa (26/2), pihak developer memberikan penjelasan, bahwa fitur pembuat suara akan tersedia dalam bahasa Inggris untuk jajaran Galaxy S23 mulai bulan Maret 2023. Selain itu, Samsung juga menjanjikan Voice Creator dapat diterapkan dengan aplikasi Samsung selain panggilan telepon.

Di sisi lain, fitur ini dapat membahayakan dan merugikan. Pasalnya Bixby dapat dipakai untuk melakukan penipuan maupun kejahatan cyber lainnya. Sebagai contoh, apabila perangkat dicuri orang bisa saja pelaku memanfaatkan fitur untuk berbagai hal negatif, seperti dijelaskan sebelumnya.


(brl/guf)