Qualcomm luncurkan Snapdragon 4 Gen 2, chipset yang bikin smartphone 5G jadi lebih murah

Qualcomm luncurkan Snapdragon 4 Gen 2, chipset yang bikin smartphone 5G jadi lebih murah

Techno.id - Saat ini Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 mendominasi sebagai chip selular paling kuat di hampir semua ponsel Android. Namun Qualcomm juga baru saja meluncurkan chipset kelas entri level terbaru, Snapdragon 4 Gen 2.

Sebagai suksesor Snapdragon 4 Gen 1, chipset anyar ini digadang-gadang dapat membuat harga smartphone yang menawarkan jaringan 5G bisa lebih murah.

Snapdragon 4 Gen 2 dibangun di atas proses 4nm yang lebih kecil dari pendahulunya 6nm (mirip dengan flagship 8 Gen 2), yang bertujuan untuk memberikan efisiensi daya yang lebih besar di samping peningkatan kinerja. Dua inti kinerja 4 Gen 2 memiliki clock 2.2GHz (10% lebih tinggi dari 4 Gen 1), dan ada dukungan 5G yang lebih luas dengan keandalan jaringan yang lebih baik, berkat modem 5G Snapdragon X61 yang baru.

Ada beberapa keunikan pada chip ini, seperti dukungan Bluetooth 5.1 dibandingkan dengan 5.2 pada pendahulunya dan ISP 12-bit ganda (prosesor sinyal gambar) sebagai pengganti tiga ISP pada 4 Gen 1. Tetapi fungsionalitas dalam sebagian besar hal lainnya tampak sangat mirip dengan Snapdragon 4 Gen 1 yang diluncurkan September tahun lalu.

Selain itu dukungan QuickCharge 4 Plus pada chip ini menjanjikan pengisian ulang baterai 50% hanya dalam waktu 15 menit. Sayangnya Qualcomm tidak menyebutkan ukuran baterai atau kecepatan pengisian daya yang digunakan untuk mencapai angka ini.

Qualcomm luncurkan Snapdragon 4 Gen 2, chipset yang bikin smartphone 5G jadi lebih murah foto: qualcomm

Selain itu Snapdragon 4 Gen 2 juga merupakan yang pertama dalam seri ini yang menyertakan Multi Camera Temporal Filtering (MCTF) berbasis perangkat keras. Ini merupakan teknologi yang pertama kali diperkenalkan Qualcomm pada tahun 2017.

Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan ketajaman subjek yang bergerak ketika mengambil gambar diam dan mengurangi kebisingan saat merekam video. Artinya kualitas kamera akan lebih baik pada ponsel yang lebih terjangkau.

Kabarnya Xiaomi berada di barisan pertama yang akan menggunakan chipset ini. Qualcomm menyatakan bahwa perangkat yang menggunakan Snapdragon 4 Gen 2 baru akan memasuki pasar pada paruh kedua tahun ini dengan menyebutkan sub-merek Redmi Xiaomi dan Vivo sebagai produsen ponsel yang berniat untuk segera menggunakan silikon seluler terbarunya ini.

Xiaomi juga dikabarkan akan meluncurkan ponsel bertenaga 4 Gen 2 pertama sebelum paruh pertama tahun 2023 berakhir. Setidaknya berdasarkan bocoran yang ditemukan MySmartPrice menunjukkan bahwa Redmi Note 12R, saudara kandung Redmi Note 12R Pro yang bertenaga 4 Gen 1 yang diluncurkan di China April lalu, akan hadir pada 30 Juni 2023. Di luar chipsetnya, Note 12R kabarnya akan mengemas layar Full HD+ 6,79 inci, RAM hingga 8GB, penyimpanan 256GB.

(brl/red)