Chipset flagship Snapdragon 8 Gen 3 bakal rilis akhir tahun ini, intip bocorannya

Chipset flagship Snapdragon 8 Gen 3 bakal rilis akhir tahun ini, intip bocorannya

Techno.id - Qualcomm merupakan salah satu perusahaan chipset terdepan yang selalu hadir dengan terobosan teknologi. Saat ini tidak sedikit smartphone kelas flagship yang dibekali prosesor termutakhir milik Qualcomm, Snapdragon.

Seperti dilansir XDA-Developers, Qualcomm bakal menggelar acara tahunan Snapdragon Summit 2023 pada 24 hingga 26 Oktober di Maui, Hawaii. Jika mengingat edisi tahun lalu, Snapdragon Summit kali ini digelar lebih awal. Banyak yang menunggu informasi dan produk apa yang akan diumumkan Qualcomm di ajang tersebut.

Namun sudah beredar kabar bahwa Qualcomm akan meluncurkan chipset Snapdragon 8 Gen 3, yang dijanjikan akan memiliki lompatan performa dan efisiensi daya yang signifikan dibanding pendahulunya. Bahkan Qualcomm telah mengonfirmasi tanggal resminya.

Chipset flagship Snapdragon 8 Gen 3 bakal rilis akhir tahun ini, intip bocorannya foto:xda-developers.com

Snapdragon 8 Gen 3 akan memiliki kode bagian SM8650 dan kode nama Lanai atau Pineapple. Pemberian kata Lanai ditengarai juga dari kebiasaan Qualcomm yang sering membuat kode nama berhubungan dengan pulau atau acara di Hawaii.

Contohnya bisa dilihat pada Snapdragon 888 yang memiliki kode nama Lahaina, sebuah kota bersejarah di pulau Maui. Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kode nama Taro, yang merupakan kuliner khas Hawaii. Sementara Snapdragon 8 Gen 2 memiliki kode nama Kalama, yang merupakan nama pantai di O'ahu.

Chipset flagship Snapdragon 8 Gen 3 bakal rilis akhir tahun ini, intip bocorannya foto:qualcomm.com

Selain itu kabarnya chipset kali ini akan memiliki arsitektur CPU baru sampil meningkatkan kecepatan clock yang signifikan. Juga dikatakan bahwa terdapat satu core CPU Cortex-X4 utama dengan kecepatan 3,7GHz yang belum pernah ada sebelumnya, lima core yang andal dan kuat untuk kinerja, dan dua core kecil untuk efisiensi performa.

GPU yang juga akan dibawa bersamanya adalah Adreno 750. Hal ini didasarkan dari seri sebelumnya, Snapdragon 8 gen 2, telah dilengkapi Adreno 740. Pengujian untuk chipset terbaru ini pada kecepatan clock 770MHz juga sedang dilakukan.

(brl/red)