Mediatek Dimensity 9300 siap menantang Qualcomm Snapdragon 6 gen 3, siapa lebih unggul?

Mediatek Dimensity 9300 siap menantang Qualcomm Snapdragon 6 gen 3, siapa lebih unggul?

Techno.id - Mediatek dan Qualcomm saling bersaing dalam inovasi, performa, dan tentunya juga penjualan. System on Chip (SoC) dari kedua manufaktur ini juga digunakan banyak pabrikan smartphone di dunia. Tersebar dari Smartphone entry-level sampai smartphone flagship.

Persaingan kedua manufaktur ini pada SoC flagship pun tampaknya akan kembali terjadi. Hal ini karena Mediatek dikabarkan bakal memperkenalkan lawan sepadan dari Snapdragon 8 Gen 3 yang sebenarnya juga belum diperkenalkan oleh Qualcomm. Lantas bagaimana spesifikasnya?

Melansir dari notebookcheck, Mediatek Dimensity 9300 akan menggunakan CPU dengan 8 core dengan konfigurasi 2+4+2. Dimensity 9300 menggunakan dua CPU Cortex-X4, empat CPU Cortex-A715, dan dua CPU berbasis Cortex-A515. Memang belum terdapat informasi lebih lanjut tentang clockspeed dari CPU tersebut.

Mediatek Dimensity 9300 siap menantang Qualcomm Snapdragon 6 gen 3, siapa lebih unggul? foto: mediatek.com

Spesifikasi GPU pada Dimensity 9300 juga masih menjadi misteri. Namun GPU yang digunakan pada SoC ini kemungkinan akan menggunakan Immortalis G715.

Spesifikasi tersebut memiliki kesamaan dengan spesifikasi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Sebagai gambaran, Snapdragon 8 Gen 3 juga akan menggunakan CPU dengan konfigurasi core 1+5+2 dan atau 2+4+2. Karena itu, performa Dimensity 9300 secara teori akan identik dengan Snapdragon 8 gen 3.

Mediatek Dimensity 9300 kabarnya akan dirilis Oktober tahun ini. Menarik untuk melihat performa SoC dari Mediatek ini melawan Snapdragon 8 Gen 3. Tunggu saja.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)