Perangkat ini yang bikin kamu bisa main game sampai resolusi 4K di konsol ROG Ally

Perangkat ini yang bikin kamu bisa main game sampai resolusi 4K di konsol ROG Ally

Techno.id - Console handheld ROG Ally memiliki fitur yang tidak dimiliki kompetitornya, Steamdeck. Fitur tersebut adalah kemampuan untuk menggunakan perangkat external Graphical Processing Unit (eGPU). Nah kehadiran fitur ini semakin epik berkat adanya ROG XG Mobile yang berfungsi sebagai docking pada ROG Ally.

Melansir dari rog.asus, ROG XG Mobile tersedia dalam dua varian GPU besutan Nvidia dan AMD. Varian pertama berkode GC32 menggunakan GPU AMD Radeon RX 6850XT. Sedangkan varian kedua berkode GC33 menggunakan GPU Nvidia RTX 4090 Mobile.

Perangkat ini yang bikin kamu bisa main game sampai resolusi 4K di konsol ROG Ally foto: rog.asus.com

Untuk menggunakan ROG XG pada ROG Ally, pengguna dapat menghubungkan ROG XG ke ROG Ally dengan konektor PCIe 8x di bagian atas ROG Ally lalu menghubungkan ROG XG dengan monitor eksternal. Ketika dihubungkan, pengguna dapat menggunakan ROG Ally pada monitor eksternal. Melansir dari xda-developer, penggunaan ROG XG pada ROG Ally mampu menghasilkan kualitas gambar jauh berbeda.

Lantas bagaimana dengan performa ROG Ally ketika menggunakan perangkat ini? Melansir dari pengujian dan benchmarking yang dilakukan kanal youtube ETA PRIME pada ROG XG GC32 (Radeon RX 6850XT), ROG XG memberikan peningkatan yang cukup signifikan pada performa gaming ROG Ally.

Perangkat ini yang bikin kamu bisa main game sampai resolusi 4K di konsol ROG Ally foto: rog.asus.com

Menurut ETA PRIME, dalam pengujian di Forza Horizon 4, Horizon Zero Dawn, GTA V, Cyberpunk 2077, dan beberapa game lainnya, ROG Ally yang dilengkapi dengan ROG XG GC32 mampu menjalankan game-game tersebut di resolusi 4K di atas 60fps (frame per second).

Pada benchmarking NIGHT RAID yang dilakukan ETA PRIME pada aplikasi 3D Mark, ROG Ally yang dilengkapi dengan ROG XG GC32 memberikan skor sebesar 52 686. Sebagai perbandingan, skor ROG Ally pada benchmarking NIGHT RAID dengan GPU standar hanya menghasilkan skor 28 154.

Perangkat ini yang bikin kamu bisa main game sampai resolusi 4K di konsol ROG Ally foto: pcworld

Selain berfungsi sebagai eGPU, ROG XG juga memiliki fungsi lain. Hal ini karena perangkat ini menyediakan berbagai I/O. Melansir dari rog.asus, ROG XG memiliki 1 port HDMI 2.1, 1 Display Port 1.4, 1 port RJ 45, 3 port USB 3.2 Type-A, 1 port USB 3.2 Gen 2 type-C, dan juga 1 port SD Card Reader.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)