Mengenal PowKiddy X55, konsol hadheld dengan chipset rockchip untuk bermain game retro

Mengenal PowKiddy X55, konsol hadheld dengan chipset rockchip untuk bermain game retro

Techno.id - Saat ini banyak perangkat yang bisa digunakan untuk bermain game mulai dari laptop, PC, smartphone, hingga konsol. Bahkan kini ada juga konsol yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak. Sebut saja Powkiddy X55, konsol handheld besutan PowKiddy, manufaktur asal China.

Melansir dari laman resminya, konsol ini digunakan untuk memainkan game retro open-source dan sangat cocok menjadi hadiah untuk anak. Maklum, dari sisi desain, konsol ini memang tak ada bedanya dengan yang umum beredar. Di mana tata letak tombol dan joystick PowKiddy X55 mengadopsi Nintendo Switch. Dari segi layar, PowKiddy X55 menggunakan layar 5.5 Inch. Layar dengan panel IPS tersebut memiliki resolusi HD (1280 x 720 pixels).

Mengenal PowKiddy X55, konsol hadheld dengan chipset rockchip untuk bermain game retro foto: powKiddy.com

Lantas bagiamana dengan spesifikasinya? PowKiddy X55 menggunakan SoC Rockchip RK3566 yang merupakan SoC 4 Arm Cortex Processer dengan kecepatan 1.8GHz. Soc ini juga memiliki iGPU ARM Mali G-52.

Kapasitas RAM pada konsol ini pun tidak terlalu besar, hanya 2GB. Adapun kapasitas penyimpanan internal pada PowKiddy X55 hanya sebesar 16GB saja. Meski begitu, pengguna dapat menambah kapasitas penyimpanan internal ini dengan menggunakan SD Card hingga kapasitas 128GB.

Mengenal PowKiddy X55, konsol hadheld dengan chipset rockchip untuk bermain game retro foto: powKiddy.com

Dengan spesifikasi seperti itu, PowKiddy X55 tentu tidak dapat digunakan untuk memainkan game-game berat. Jadi hanya bisa untuk game-game retro seperti PS1, N64, sampai PSP. Sayangnya PowKiddy tidak menyertakan game secara langsung di dalam konsol ini. PowKiddy X55 dijual dalam berbagai paket penjualan. Konsol dibadrol paling murah seharag USD89.99 atau sekitar Rp1,3 jutaan.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)