Asus resmi ungkapkan spesifikasi ROG Ally, bakal jadi penantang Steamdeck

Asus resmi ungkapkan spesifikasi ROG Ally, bakal jadi penantang Steamdeck

Techno.id - Asus akhirnya secara resmi mengungkapkan spesifikasi konsol handheld ROG Ally yang digadang-gadang bakal menjadi penantang Steamdeck. Berdasarkan laman resminya, ROG Ally ditawarkan dalam dua pilihan Accelerated Processing Unit (APU) yakni AMD Z1 dan Z1 Extreme.

Dirancang berdasarkan arsitektur Zen 4, AMD Z1 dan Z1 Extreme memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Melansir dari laman resmi AMD, CPU pada AMD Z1 memiliki 6-core dengan 12 threads serta memiliki base clock sebesar 3,2GHz dan boost clock sampai 4,9GHz.

Sedangkan CPU pada AMD Z1 Extreme memiliki 8 core dengan 16 thread serta memiliki base clock 3,3 GHz yang dapat di boost hingga maksimal 5.1Ghz. AMD Z1 dan Z1 Extreme memiliki Thermal Design Power (TDP) antara 15-30W. Menggunakan baterai berkapasitas 4Wah ROG ALLY diklaim dapat digunakan selama 2 jam pada mode performa (15W).

Asus resmi ungkapkan spesifikasi ROG Ally, bakal jadi penantang Steamdeck foto: asus.com

AMD Z1 dan Z1 Extreme juga memiliki Graphical Pprocessing Unit (GPU) yang terintregasi. GPU yang digunakan pada APU tersebut menggunakan RDNA 3. Terdapat perbedaan spesifikasi yang cukup signifikan antara RDNA 3 pada Z1 dan Z1 Extreme yakni adanya perbedaan jumlah compute unit pada kedua APU tersebut. Pada AMD Z1, jumlah compute unit pada RDNA 3 hanya berjumlah 4 buah. Sedangkan GPU RDNA 3 pada AMD Z1 Extreme 12 compute unit.

Asus menawarkan spesifikasi layar yang cukup menarik pada ROG ALLY dengan ukuran 7 inci beresolusi full-HD (1920 x 1080 pixels). Menggunakan panel IPS dengan 100% sRGB, layar ini memiliki kecerahan maksimal hingga 500 nits dan refresh rate sebesar 120Hz. ASUS juga mengklaim bahwa layar ini memiliki waktu respons (response time) hanya 7ms saja.

Asus resmi ungkapkan spesifikasi ROG Ally, bakal jadi penantang Steamdeck foto: asus.com

Pada aspek memori, ROG Ally menggunakan RAM LPDDR5 berkapasitas 16GB dalam konfigurasi dual-channel. Dari segi penyimpanan internal, ROG Ally menggunakan SSD M.2 NVMe berkapasitas 512GB.

Berbeda dari Steamdeck yang menggunakan SteamOS, ROG Ally menggunakan sistem operasi Windows 11. Melansir dari gsmarena, ROG ALLY dapat menjalankan Xbox Gme Pass dan dari game launcher atau layanan streaming game lain. Selain itu juga terdapat fitur Armoury Crate pada ROG ALLY. Melansir dari laman resmi ASUS, fitur ini digunakan untuk mengakses beragam game dari berbagai game launcher yang dimiliki pengguna.

Asus resmi ungkapkan spesifikasi ROG Ally, bakal jadi penantang Steamdeck foto: asus.com

Secara dimensi, ROG Ally memilki ukuran yang sedikit lebih kecil dari Steamdeck di mana ROG Ally memiliki dimensi 280 x 111 x 324 mm. Konfigurasi kontrol pada ROG Ally sedikit berbeda dari Steamdeck karena ROG ALLY tidak memiliki trackpad.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)