Cara mudah mengubah video menjadi GIF di WhatsApp, tanpa perlu aplikasi tambahan

Cara mudah mengubah video menjadi GIF di WhatsApp, tanpa perlu aplikasi tambahan

Techno.id - WhatsApp menjadi platform chatting dengan pengguna terbanyak saat ini. Hal tersebut karena WhatsApp mempunyai segudang fitur menarik yang dapat digunakan secara mudah. Salah satu fitur di dalam chat WhatsApp adalah GIF.

Seperti diketahui, WhatsApp dapat mengirim berbagai jenis file di dalam kolom chatting. Mulanya chat WA hanya mendukung format JPG atau JPEG saja. Namun berkat pengembangan developer, saat ini chat WA dapat melampirkan sejumlah GIF unik dan lucu.

Sebagai informasi, GIF merupakan animasi gambar bergerak tanpa suara. Animasi di dalam GIF dapat diambil melalui beberapa potongan adegan tertentu, maupun mimik wajah yang menggambarkan sebuah kondisi atau emosi.

WhatsApp memberikan sejumlah GIF bawaan yang dapat langsung diterapkan oleh pengguna. Namun tahukah kamu, bahwa pengguna juga dapat membuat GIFnya sendiri? Ya, ternyata sistem dari WhatsApp mendukung pengguna membuat GIF dari video dengan durasi 6 detik.

Lantas bagaimana caranya? Pada kesempatan ini Jumat (23/12), techno.id akan memberikan cara mudah mengubah video menjadi GIF di WhatsApp untuk sobat techno semua. Bahkan kamu nggak perlu instal aplikasi tambahan demi membuat GIF di WhatsApp. Yuk simak baik-baik langkah-langkahnya.

Cara mengubah video menjadi GIF di WhatsApp.

Cara mudah mengubah video menjadi GIF di WhatsApp, tanpa perlu aplikasi tambahan

foto: Techno.id/ Adnan

1. Sebelum membuat GIF di WhatsApp, silakan pengguna siapkan video yang ingin diubah menjadi GIF.
2. Setelah itu silakan buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang digunakan.
3. Masuk ke menu kolom chat, dan ketuk ikon Klip atau Penjepit Kertas yang terletak di pojok kanan bawah menu chat.
4. Pengguna akan disajikan opsi menu pop-up, kemudian ketuk opsi Galeri atau ikon berbentuk lukisan berwarna ungu.
5. Cari dan pilih video yang akan diubah menjadi GIF.
6. Kemudian klik ikon Kamera yang terletak di pojok kanan atas layar perangkat.
7. Setelah di tekan, nantinya ikon akan berubah menjadi ikon GIF.
8. Apabila kedapatan pengguna mengunggah video berdurasi panjang, maka video dapat dipangkas hingga 6 detik. Secara otomatis akan muncul ikon GIF setelah video terpangkas.
9. Terakhir silakan untuk mengirim GIF yang telah disunting tersebut ke penerima.

Itulah beberapa cara untuk mengubah video menjadi GIF secara langsung di WhatsApp. Sebagai informasi tambahan, pengguna dapat menemukan GIF di antara ikon emoji dan stiker. Pengguna dapat langsung mencari GIF sesuai kebutuhan dengan mengetikan kata pencarian yang telah disediakan. Kemudian WhatsApp secara otomatis akan memunculkan rekomendasi GIF relevan sesuai kata kunci. Selamat mencoba!


(brl/guf)