Cara cek IMEI di smartphone Android dan iPhone bekas, jadi panduan penting sebelum membeli

Cara cek IMEI di smartphone Android dan iPhone bekas, jadi panduan penting sebelum membeli

Techno.id - Smartphone merupakan salah satu barang elektronik yang menjadi kebutuhan banyak orang. Melalui perangkat canggih ini, banyak keperluan bisa dilakukan dengan mudah. Namun ada poin penting yang perlu diperhatikan pada setiap smartphone yaitu nomor IMEI. International Mobile Equipment Identity atau IMEI merupakan nomor penting yang wajib ada pada semua smartphone.

Nomor IMEI setiap negara tentu memiliki perbedaan agar ponsel yang beredar pada regional tersebut bisa digunakan dengan lancar untuk menangkap sinyal. Bagi smartphone baru, nomor IMEI tentu bukan menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan teliti. Namun lain halnya dengan smartphone yang dijual dalam kondisi tangan kedua alias bekas.

Banyak smartphone dengan IMEI tidak sesuai atau bodong yang akan menyusahkan setiap pengguna dalam penggunaan jangka panjang. Untungnya, sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengecek IMEI baik di smartphone Android maupun iPhone.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (24/12), cara cek IMEI di smartphone Android dan iPhone bekas.

Cara cek IMEI di smartphone Android bekas

Cara cek IMEI di smartphone Android dan iPhone bekas, jadi panduan penting sebelum membeli

foto: infinixmobility.com

Bagi kamu pengguna smartphone Android, cara memeriksa nomor IMEI bisa dibilang sangat sederhana. Setiap mereka smartphone yang eksis di Indonesia memiliki cara yang sama dalam memeriksa nomor IMEI. Untuk memulai mengetahui nomor IMEI pada smartphone Android bekas, simak ulasan berikut untuk mendapat penjelasan.

1. Memeriksa IMEI pada box smartphone

Cara pertama yang tentu bisa dibilang paling mudah adalah mengecek nomor IMEI melalui box smartphone. Pada beberapa pabrikan, ada juga yang menyematkan stiker IMEI pada kotak penjualan sebagai informasi tambahan. Kamu bisa menilik nomor IMEI di bagian belakang box smartphone untuk memeriksanya. Setelah memeriksa nomor IMEI yang ada pada box, langkah selanjutnya wajib dicoba untuk memastikan angka yang ada pada smartphone serupa dengan box penjualan.

2. Melakukan panggilan ke *#06#

Cara ini terbukti sangat efektif untuk mengetahui nomor IMEI pada smartphone kamu. Dengan menghubungi *#06#, kamu bisa mengetahui nomor IMEI yang ada pada perangkat Android tersebut. Setelah menghubungi *#06#, smartphone kamu akan menampilkan dua nomor IMEI yakni untuk slot SIM 1 dan 2. Namun jika smartphone kamu hanya menggunakan single SIM, nomor IMEI yang muncul tentu hanya satu.

3. Memanfaatkan fitur Tentang Ponsel

Setiap smartphone tentu memiliki fitur Tentang Ponsel yang berisikan banyak informasi salah satunya nomor IMEI. Kamu bisa mengakses Pengaturan lalu klik Tentang Ponsel kemudian scroll hingga menemukan nomor IMEI smartphone tersebut. Pastikan sekali lagi bahwa nomor IMEI yang ada pada menu Tentang Ponsel sama dengan box smartphone.

Cara cek IMEI di smartphone iPhone bekas

Cara cek IMEI di smartphone Android dan iPhone bekas, jadi panduan penting sebelum membeli

foto: support.apple.com

Bagi kamu pengguna iPhone, nomor IMEI sama dengan nomor seri, MEID, atau ICCID. Pada dasarnya, untuk mengecek nomor IMEI pada iPhone tidak jauh berbeda dengan perangkat Android. Kamu bisa memanfaatkan menu yang ada pada pengaturan untuk mengecek nomor SIM tersebut. Untuk mulai mengecek nomor IMEI pada iPhone, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Masuk ke Pengaturan pada iPhone kamu, kemudian pilih Umum.
2. Pada menu Umum, klik Mengenai.
3. Nomor IMEI iPhone kamu akan terpampang dengan jelas pada menu tersebut.

Melalui website

Cara cek IMEI di smartphone Android dan iPhone bekas, jadi panduan penting sebelum membeli

foto: consumer.huawei.com

Selain menggunakan menu yang ada pada perangkat Android maupun iPhone, ada satu cara lagi yang bisa digunakan untuk mengetahui nomor IMEI pada kedua perangkat tersebut. Kamu bisa memanfaatkan website resmi Pemerintah yang disediakan secara gratis. Untuk mulai menggunakan cara tersebut, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka browser kamu kemudian ketikkan https://imei.kemenperin.go.id/
2. Pada kolom yang disediakan, ketikkan nomor IMEI atau kamu dapat menyalin nomor yang ada pada Tentang Ponsel di perangkat Android dan Mengenai di perangkat iPhone.
3. Klik Chapta yang ada pada website tersebut dan klik search.
4. Tunggu hingga proses pencarian selesai.
5. Jika nomor IMEI smartphone kamu sudah terdaftar, website Kemenperin akan menampilkan informasi terdaftar.


(brl/guf)