HMD bakal meluncurkan smartphone sendiri, lantas apa kabar Nokia?  

HMD bakal meluncurkan smartphone sendiri, lantas apa kabar Nokia?  

Techno.id - Baru-baru ini ada yang menarik melihat situs web smartphone Nokia. Namanya tiba-tiba berubah menjadi Human Mobile Device (HMD). Selama ini, HMD Global memang memegang lisensi untuk meluncurkan smartphone di bawah merek Nokia hingga tahun 2026.

Namun dengan adanya penggantian nama tersebut, dikabarkan HMD sedang menyiapkan perangkat dengan mereka HMD. Lantas bagaimana nasib Nokia? Banyak yang beranggapan, penggantian nama tersebut mengisyaratkan bahwa HMD mungkin akan berhenti meluncurkan smartphone dengan merek Nokia.

Namun, hal tersebut tampaknya tidak terjadi karena laporan terbaru seperti dilansir 91Mobiles Hindi, secara eksklusif mengungkapkan bahwa HMD Global akan terus meluncurkan smartphone dengan merek Nokia sambil meluncurkan model bermerek HMD.

HMD bakal meluncurkan smartphone sendiri, lantas apa kabar Nokia? foto: roland quandt

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa HMD Global akan segera meluncurkan tiga smartphone dengan merek HMD, yang diharapkan akan debut di acara MWC 2024. Eksekutif HMD Global sebelumnya mengkonfirmasi bahwa smartphone akan debut pada paruh pertama tahun 2024, dengan India sebagai pasar prioritas.

Artinya, Nokia akan terus eksis. Smartphone Nokia yang akan datang secara eksklusif untuk pasar offline sedangkan smartphone HMD akan difokuskan terutama pada pelanggan online. Ini tentu akan berdampak pada penetapan harga ponsel di bawah HMD dan Nokia.

Nah smartphone HMD yang akan datang dikatakan akan debut dengan warna Biru cerah, Hijau, dan Merah Muda. Kabarnya smartphone ini akan hadir di pasar India pada April mendatang.

HMD bakal meluncurkan smartphone sendiri, lantas apa kabar Nokia? foto: roland quandt

Strategi baru ini mungkin dapat membantu Nokia membangun eksistensinya. Maklum, merek ini telah ada di sekitar 200 negara dengan lebih dari 400 juta pengguna Nokia sejak HMD mengambil alih Nokia pada tahun 2016.

Sebenarnya startegi ini sudah terlihat sejak tahun lalu di mana HMD berencana menggunakan nama mereknya sendiri untuk jajaran smartphone yang akan dijual bersama dengan merek Nokia-nya. HMD dikabarkan sedang mengerjakan dua seri ponsel Android HMD dengan tiga entri di keduanya. Tunggu saja!

(brl/red)