AMD umumkan CPU bisnis dan cloud terbaru termasuk Seri EPYC 97X4 128-core

AMD umumkan CPU bisnis dan cloud terbaru termasuk Seri EPYC 97X4 128-core

Techno.id - AMD mengumumkan sejumlah CPU baru yang dibuat untuk keperluan bisnis dan pusat data cloud di acara Data Center and AI Technology Premiere yang digelar di San Francisco baru-baru ini. Dari deretan perangkat tersebut termasuk dua anggota baru dari keluarga prosesor EPYC, salah satunya yang memiliki 128 core Zen 4c.

Dalam acara tersebut, CEO AMD Lisa Su memamerkan prosesor baru AMD EPYC 97X4 Generasi ke-4 dengan nama kode Bergamo, dengan 128 core Zen 4c per soket. Ia mengatakan chip baru tersebut memiliki 256 thread, dengan kecepatan clock 2,25Ghz dan 256MB L3 cache.

AMD umumkan CPU bisnis dan cloud terbaru termasuk Seri EPYC 97X4 128-core foto: amd

Chip tersebut menawarkan kepadatan dan performa vCPU terbesar untuk aplikasi cloud, memberikan efisiensi energi hingga 2,7x lebih baik, dan mendukung hingga 3x lebih banyak kontainer per server. Dalam pidatonya, Su mengatakan bahwa Bergamo merupakan chip pertama AMD yang dirancang khusus untuk aplikasi cloud.

AMD juga mengumumkan prosesor AMD EPYC Generasi ke-4 dengan AMD 3D V-Cache dengan 96 core Zen 4. CPU ini digunakan pada komputer yang menangani pekerjaan seperti dinamika fluida komputasi, analisis struktural, dan tugas-tugas kelas atas lainnya. Microsoft menyatakan akan menggunakan chip ini untuk instance Azure HBv4 dan HX.

AMD umumkan CPU bisnis dan cloud terbaru termasuk Seri EPYC 97X4 128-core foto: amd

AMD juga mengumumkan seputar strategi platform AI yang menghadirkan portofolio produk perangkat keras cloud to edge to endpoint, dengan kolaborasi perangkat lunak industri, yang dirancang untuk pengembangan AI yang dapat diskalakan dan pervasive AI.

Selain itu AMD juga mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile baru untuk laptop bisnis Windows 11. Beberapa di antaranya menyertakan chip Ryzen AI. Di samping itu AMD juga mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk desktop bisnis dengan 12 core Zen4. CPU ini dirancang agar sesuai dengan motherboard AMD Socket AM5. Semua CPU ini akan tersedia secara umum dari pembuat PC seperti HP dan Lenovo dalam waktu dekat.

(brl/red)