7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini

-

1. Jajaran iPhone 15

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini foto: 9to5mac.com

Diprediksi keluarga iPhone baru besutan Apple ini bakal diluncurkan September. Adopsi pengisian daya USB-C adalah salah satu perubahan terbesar yang akan terjadi pada iPhone generasi baru ini. Langkah ini diambil Apple setelah Uni Eropa baru-baru ini mengamanatkan bahwa semua ponsel baru yang dijual di wilayah tersebut harus mendukung pengisian daya USB-C pada tahun 2024. Apple pun akan mematuhi peraturan ini tetapi tidak menjelaskan apakah iPhone dengan USB-C akan dirilis secara global, atau hanya akan menjadi model Eropa saja.

Nah disebut-sebut Apple bakal melakukan lebih banyak hal untuk membedakan iPhone 15 Pro dengan iPhone 15 biasa meski kabarnya Apple akan tetap mempertahankan sejumlah fitur seperti Dynamic Island dan prosesor A16 Bionic yang eksklusif untuk lini Pro. Namun, yang lebih menarik adalah gagasan bahwa Apple akan membedakan iPhone 15 Pro Max yang lebih besar dari iPhone 15 Pro yang lebih kecil dengan ukuran layar.

2. Ponsel lipat OnePlus

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini foto: android central/harish jonnalagadda

OnePlus berencana meluncurkan ponsel lipat pertamanya pada paruh kedua tahun 2023. Rencanma tersebut sudah mencuat saat acara Mobile World Congress pada Februari lalu. Namun OnePlus belum mengumumkan rincian apa pun tentang perangkat tersebut, termasuk kapan tepatnya dan berapa harganya.

Padahal banyak orang menunggu gebrakan yang akan dilakukan OnePlus mengingat perusahaan ini memiliki reputasi mengalahkan Samsung dan Apple dalam hal harga. Karena itu banyak orang berharap ponsel lipat OnePlus akan jauh lebih murah disbanding Galaxy Z Fold 4.

Apalagi, Oppo Find N2 yang merupakan saudara OnePlus juga telah diterima dengan baik di pasar smartphone lipat. Karena itu ada kemungkinan OnePlus bakal mengikuti jejak saudaranya tersebut. Artinya, Samsung bakal menghadapi banyak persaingan di pasar smartphone lipat.

3. Google Pixel 7A

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini foto: smartprix

Google juga dikabarkan bakal meluncurkan Pixel 7A, versi lebih murah dari Pixel 7. Kabarnya Pixel 7A diluncurkan pada musim semi atau musim panas. Meski bocoran mengenai perangkat ini masih minim, namun sejumlah techno enthusiast menyebutkan beberapa peningkatan yang cukup signifikan telah disiapkan Google.

Sebut saja soal kemungkinan layar dengan kecepatan refresh lebih tinggi, yakni 90Hz dan pengisian daya nirkabel, dua karakteristik yang tidak ada pada Pixel 6A. Bocoran render Hemmerstoffer yang dipublikasikan di Smartprix menyebutkan bahwa Pixel 7A akan memiliki desain yang sangat mirip dengan pendahulunya.

Pixel 7A juga dikabarkan akan dibekali prosesor Tensor G2, sama dengan yang digunakan pada Pixel 7 dan 7 Pro serta pengaturan kamera yang menyertakan sensor lebar dan ultrawide. Itu jika Pixel 7A mengikuti jejak yang sama dengan Pixel 6A.

4. Jajaran Google Pixel 8

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini foto: tom's guide

Google meluncurkan Pixel 7 dan 7 Pro pada pertengahan Oktober 2022. Nah saat ini santer kabar bahwa Google sedang menyiapkan keluarga Pixel 8 yakni Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti dilansir blog teknologi Jerman, WinFuture, mereka menemukan referensi dua smartphone Pixel yang belum dirilis dalam kode yang tersedia untuk umum.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa kedua perangkat ini diberi nama kode Shiba dan Husky yang akan ditenagai prosesor baru yang diberi nama kode Zuma. Kode tersebut juga menunjukkan bahwa perangkat ini akan berjalan pada Android 14 dan menyertakan RAM 12GB.

5. Google Pixel Fold

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini foto: onleaks/howtoisolve

Belakangan ini makin santer bahwa Google dalam waktu dekat akan memperkenalkan ponsel lipat pertamanya, Pixel Fold. Bahkan foto-foto mengenai perangkat ini sudah beredar luas di dunia maya. Tapi banyak juga yang beranggapan Pixel Fold bisa jadi akan terlihat seperti Oppo Find N. Tak sedikit juga yang menyebut desain Pixel Fold agak mirip dengan Surface Duo milik Microsoft.

Pixel Fold disebut-sebut bakal memiliki kamera utama, telefoto, dan ultrawide seperti kebanyakan ponsel premium, serta kamera selfie bagian dalam yang sama dengan Pixel 6.

6. Samsung Galaxy Z Fold 5

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini technizo concept/super roader

Meski ponsel lipat masih baru bagi kebanyakan orang, namun Samsung Galaxy Z Fold bakal meluncurkan Galaxy Z Fold 5, generasi kelima pada tahun 2023. Versi berikutnya dari hibrida ponsel-tablet Samsung ini bisa jadi memiliki slot untuk menyimpan stylus S Pen Samsung, desain yang lebih ringan, dan lipatan yang tidak terlalu mencolok.

Kabarnya Samsung akan menerapkan engsel berbentuk tetesan air pada Galaxy Z Fold 5. Engsel baru itu kemungkinan akan membantu meminimalkan lipatan dan ketebalan perangkat. Nah Samsung menambahkan beberapa fitur multitasking baru pada Z Fold 4 tahun ini, seperti kemampuan menggunakan bagian bawah layar sebagai trackpad mini saat layar dilipat setengah. Jadi, ada kemungkinan pada Z Fold 4 akan ada peningkatan perangkat lunak lainnya.

7. Samsung Galaxy Z Flip 5

7 Prediksi perangkat baru yang akan meramaikan persaingan smartphone tahun ini foto: superroader/technizo concept/tom's guide

Ponsel flip Samsung berikutnya yang mungkin memiliki layar sampul lebih besar dan lipatan yang tidak terlalu mencolok yang akan diluncurkan adalah Galaxy Z Flip 5. Kabarnya perangkat ini akan memiliki layar sampul berukuran sekitar 3 inci dan desain engsel baru yang dapat membuat lipatannya lebih halus.

Seperti prediksi pada Galaxy Z Fold 5, ada kemungkinan akan ada peningkatan umum pada kualitas kamera dan perangkat lunak serta prosesor baru pada Galaxy Z Flip 5.

(brl/red)