Ada kebutuhan mendadak? Ini cara mudah reschedule tiket kereta api melalui smartphone

Ada kebutuhan mendadak? Ini cara mudah reschedule tiket kereta api melalui smartphone

Techno.id - Ketika semua rencana telah tersusun, kadang-kadang terjadi hal tak terduga. Memiliki urgensitas yang tinggi membuat kamu harus mengorbankan rencanamu itu. Semisal contoh kasusnya adalah agendamu untuk bepergian.

Kamu memilih melakukan perjalanan dengan kereta api. Setelah urusan pemesanan tiket selesai, mendadak muncul tugas dari kampus atau kantor, yang mengharuskan kamu mengubah jadwal keberangkatan. Meskipun terasa berat, namun pada akhirnya keberangkatanmu harus dijadwalkan ulang atau reschedule.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengatisipasi hal ini. Dilansir dari kereta-api.co.id, terdapat beberapa syarat dan ketentuan jika kamu hendak melakukannya.

Reschedule tiket kereta dapat dilakukan dengan pilihan jenis kereta yang sama ataupun berbeda. Orang yang bisa meminta reschedule kereta adalah yang data dirinya terdaftar sebagai calon penumpang di KAI Access. Tenggat waktu reschedule bisa dilakukan dua jam sebelum keberangkatan.

Ada kebutuhan mendadak? Ini cara mudah reschedule tiket kereta api melalui smartphone foto: pexels.com/furkan elveren

Plus disertai kode boking yang telah dibayar dan belum dicetak menjadi boarding pass. Jika tidak dalam kondisi tersebut maka tidak bisa reschedule.

Kemudian, perubahan jadwal bisa dilakukan jika tempat duduk pada jadwal dan kereta pengganti masih tersedia. Setelah permintaan reschedule dipenuhi maka ia akan dikenai biaya charge sebesar 25% dari harga tiket kereta api diluar bea pesan.

Selisih biaya tambahan tergantung apakah kereta api pada jadwal baru tarifnya lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelumnya. Layanan perubahan ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Accsess. Namun tidak secara otomatis jika penumpang juga melakukan layanan bagasi sepeda.

Lalu bagaimana cara melakukan reschedule tiket melalui smartphone Android dan iPhone? Berikut techno.id rangkum dari berbagai sumber cara melakukannya.

Ada kebutuhan mendadak? Ini cara mudah reschedule tiket kereta api melalui smartphone foto: kai.id

1. Login ke aplkasi KAI Access

2. Ke menu selanjutnya, klik menu Tiket

3. Pilih kode booking tiket kereta

4. Klik Ubah Jadwal

5. Pilih nama penumpang yang ingin reschedule

6. Baca persyaratan dan ketentuan, jika sudah lalu centang

7. Klik Lanjutkan

8. Pilih jadwal dan rute baru yang diinginkan

9. Pilih Cari Tiket

10. Baca persyaratan dan ketentuan, jika sudah, lanjutkan proses pemesanan

11. Selesaikan pemesanan dengan pilih metode pembayaran, lalu pilih Bayar

(brl/red)