7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

Samsung Galaxy S23 Suga BTS

1. Desain simpel, kuat, dan premium.

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

foto: Samsung.com

Samsung masih menerapkan desain simpel kekinian ke dalam Galaxy S23. Dengan desain tersebut, pengguna bakal mendapatkan rasa elegan serta kepraktisan yang tinggi. Apalagi ponsel ini mempunyai dimensi sebesar 146,3 x 70,9 x 7,6 mm dengan bobot 168 gram.

Selain praktis, Galaxy S23 mempunyai durabilitas tinggi. Samsung menerapkan teknologi pelindung terbaru yakni Corning Gorilla Victus 2, baik untuk casing belakang maupun layar depan. Dengan pelindung anyar tersebut, ponsel bakal lebih terlindungi dari benturan, goresan, maupun cipratan air. Bahkan ponsel ini mendapatkan sertifikasi IP68, yang berarti tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung juga memberikan inovasi dengan menghilangkan modul kamera. Dengan absenya modul kamera, casing belakang terkesan clean. Terdapat beberapa opsi warna yang diberikan, antara lain Lavender, Cream, Phantom Black, dan Green.

2. Layar kualitas premium.

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

foto: Samsung.com

Keunggulan lain dari Galaxy S23 adalah screen yang diterapkan. Ponsel ini mempunyai layar dengan tipe Dynamic AMOLED 2X. Dengan tipe screen tersebut, pengguna bisa mendapatkan resolusi grafis Full HD+ 1080 x 2340 piksel. Kemudian kecerahan pada layar mencapai 1200 nits, membuat pengguna tetap nyaman melihat layar meski tengah di luar ruangan.

Samsung memberikan segudang fitur untuk layar yang dipasang. Alhasil screen mampu mencapai refresh rate 120Hz adaptif dari 1 Hz. Selain itu, layar mempunyai dua mode warna yakni Vivid dan Natural. HP ini memiliki keakuratan yang konsisten baik untuk DCI-P3 pada mode Vivid atau sRGB pada mode Natural.

3. Dibekali chipset khusus.

Samsung bekerja sama dengan Qualcomm untuk memberikan chipset terbaik di Galaxy S23. Hasilnya Qualcomm memberikan chip tipe Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. SoC ini dirancang khusus oleh Qualcomm untuk Samsung dan diklaim mempunyai kecepatan lebih kencang dibanding seri naga 8 Gen 2 biasa.

Snapdragon 8 Gen 2 yang disematkan ini memiliki konfigurasi 1+2+2+3 pada CPU. Terdiri dari satu Cortex X3 (3,36 GHz), dua Cortex-A715 (2,8 GHz), dua Cortex-A710 (2,8 GHz), dan tiga Cortex-A510 (2,0 GHz). Inti utama yang mengalami overclock adalah Cortex X3 dengan 3,36 GHz, lebih tinggi daripada 3,2 GHz pada Snapdragon 8 Gen 2 biasa.

Tak hanya di overclock di bagian CPU, GPU yang ditanam dalam Galaxy S23 juga mengalami peningkatan. Tercatat Galaxy S23 Series menggunakan GPU Adreno 740 yang juga mengalami overclock hingga 719 MHz. Sedangkan GPU dari Snapdragon 8 Gen 2 di HP lain hanya 680 MHz.

Lebih lanjut, chipset mempunyai fabrikasi 4 nm yang membuat ponsel lebih efisien dalam pemakaian baterai. Samsung juga menyematkan fitur seperti ISP Spectra, prosesor AI Hexagon, dan modem internal 5G. Sedangkan untuk RAM, tentu developer memberikan tipe terbaru yakni LPDDR4X berkapasitas 8 GB.

4. Baterai lebih badak.

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

foto: Samsung.com

Kali ini Samsung memberikan baterai lebih kuat dan tahan lama dibandingkan seri sebelumnya. Galaxy S23 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Baterai mengalami kenaikan daya yang semula hanya 3.900 mAh saja. Soal ketahanan, ponsel ini mampu bertahan hingga 101 jam saat pengujian.

5. Audio nendang.

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

Untuk keperluan audio, Galaxy S23 dibekali dengan stereo speaker dengan output cukup nendang. Speaker bisa memberikan hasil suara jernih kala dipakai bermain game maupun menikmati video maupun audio musik setiap harinya.

Di bagian audio, Samsung memberikan dukungan preset dari Dolby Atmos. Kala pengguna mengaktifkannya, akan ada berbagai mode suara mulai dari otomatis, musik, film, hingga game. Skor kelantangan yang berhasil diraih oleh Galaxy S23 adalah -27,0 LUFS (Loudness Unit Full Scale). Skor tersebut masuk ke dalam kategori good yang berarti memiliki kualitas untuk kebutuhan musik, film, atau game.

6. Menunjang aktivitas fotografi mobile.

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

foto: Samsung.com

Samsung memang cukup piawai dalam meracik kamera HP, khususnya untuk ponsel berbasis Android. Di dalam Galaxy S23, Samsung memberikan konfigurasi sensor kamera ciamik. Bahkan kamera mampu maksimal saat dipakai dalam kondisi low-light.

Terdapat tiga lensa kamera tersemat di bagian belakang casing. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama menggunakan sensor Samsung S5KGN3 dengan resolusi 50 MP. Sensor tersebut berukuran 1/1,56 inci dan mampu menghasilkan piksel berukuran 1.0 m. Kemudian kamera mampu melakukan bukaan f/1.8 ini juga didukung oleh fitur tambahan stabilitas yaitu OIS dan PDAF dual-pixel.

Kamera utama disandingkan dengan dua sensor. Terdapat kamera telefoto 10 MP yang menggunakan sensor Samsung S5K3K1. Sensor tersebut berukuran 1/3,94 inci dengan ukuran pixelnya 1.0m. Sensor kamera dengan bukaan f/2.4 ini mampu melakukan 3x optical zoom yang juga didukung OIS dan PDAF.

Selanjutnya terdapat kamera ultra wide resolusi 12 MP. Sensor menggunakan tipe Sony IMX564. Sensor tersebut berukuran 1/2,55 inci dengan ukuran pixelnya 1.12m. Sensor kamera ini memiliki bukaan f/2.2 dengan sudut pandang cukup luas hingga 120 derajat.

Adapun untuk kamera selfie menggunakan sensor 12 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera untuk swafoto tersebut meningkat daripada seri sebelumnya yang mempunyai sensor 10 MP saja.

Terkait dengan fitur, ponsel ini sudah menggunakan mode Pro dan Expert RAW. Fitur ini sudah ada di dalam kamera utama, dan bukan sebagai aplikasi terpisah. Kemudian kamera ponsel Galaxy S23 mempunyai fitur nightography. Fitur ini dapat membuat hasil jepretan tetap detail, cerah, dan penuh warna meski dalam keadaan minim cahaya.

7. Kaya akan fitur.

7 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, HP milik Suga BTS yang tengah digandrungi

foto: Samsung.com

Samsung memberikan fitur lengkap untuk Galaxy S23. Smartphone ini sudah menggunakan basis sistem operasi Android 13 dengan interface OneUI 5.1. Dengan pembaruan UI, pengguna bisa mendapatkan ukuran ikon yang sedikit lebih besar, efek animasi pada transisi menjadi lebih mulus, dan sebagainya.

foto: Weverse

Terkait dengan kekurangan, tentu Galaxy S23 juga mempunyai masalah yang menjadi PR. Namun kekurangan tersebut tidak semerta-merta mengurangi nilai dari ponsel flagship ini.

Salah satu kekurangan dari Galaxy S23 adalah GPU throttling. Artinya kecepatan dari overclock GPU bisa menurun setelah pemakain stabil. Tentu hal tersebut terjadi untuk menjaga ponsel tetap aman digunakan. Apalagi ponsel ini tidak dibekali dengan sistem cooler mumpuni.

Selain itu kekurangan lain terkait dengan kelengkapan perangkat. Samsung tidak membekali seri Galaxy S23 dengan charger bawaan. Alasan yang sering diberikan adalah masalah keberlangsungan atau sustainability lingkungan sekitar. Hal inilah yang membuat Samsung berkomitmen untuk tidak menyertakan charger hingga earphone di dalam kotak. Akibatnya pengguna perlu membeli adapter charger 25 Watt secara terpisah.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari Samsung Galaxy S23. Sebuah ponsel flagship dimana tengah digemari oleh pengguna gadget, khususnya Asia dan Eropa. Bagaimana sobat techno, apakah kamu ingin memilikinya?

(brl/guf)