7 Aplikasi AI dan ChatGPT gratis untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan saat liburan  

7 Aplikasi AI dan ChatGPT gratis untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan saat liburan  

Techno.id - Sudah punya rencana untuk liburan? Nah buat kamu yang punya rencana berlibur, apalagi saat Hari Raya Idul Fitri, di mana waktu libur cukup panjang, tidak ada salahnya kamu mulai merencanakannya dari seakarang.

Mulailah dengan mencatat, destinasi prioritas yang akan kamu kunjungi, persiapkan akomodasi termasuk transportasi yang akan kamu gunakan agar liburan kamu berjalan lancar. Namun terkadang membuat rencana perjalanan (itinerary) tidak semudah yang dibayangkan.

Tidak jarang kamu kurang fokus untuk memuat detail perjalanan sehingga membuat bingung. Namun jangan khawatir. Di era digital seperti sekarang, kamu dapat memanfaatkan aplikasi atau platform digital berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang dapat membantu kamu menyusun itinerary dengan instan.

Kamu dapat memberi tahu agen perjalanan mengenai tanggal pilihan, tempat yang ingin kamu kunjungi, dan anggaran yang kamu miliki. Mak kamu bisa membuat rencana perjalanan lengkap dan apa yang harus dilakukan di destinasi berdasarkan preferensi kamu. Berikut beberapa aplikasi perencanaan perjalanan gratis berbasis AI dan alat pembelajaran mesin seperti Chat yang dapat menyiapkan rencana perjalanan kamu hanya dalam beberapa detik.

1. Layla

7 Aplikasi AI dan ChatGPT gratis untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan saat liburan foto: layla

Layla merupakan aplikasi perencana perjalanan AI. Artinya kamu dapat menggunakannya untuk menentukan tujuan liburan, membuat rencana perjalanan, dan menemukan hotel dan penerbangan yang sesuai.

Jika kamu tidak yakin tentang destinasi atau ingin saran, kamu dapat meminta saran Layla tentang perjalanan yang kamu rencanakan. Jika tidak, masukkan tujuan kamu dan minta Layla membuat rencana perjalanan. Dalam beberapa detik, kamu akan mendapatkan rencana terperinci untuk perjalanan kamu.

Karena Layla adalah chatbot, kamu dapat memasukkan perintah untuk memintanya mengubah rencana perjalanan. Misalnya, minta untuk lebih fokus pada kegiatan di luar ruangan atau menyertakan restoran lokal. Jika kamu tidak puas dengan kegiatan yang direncanakan pada hari tertentu, kamu dapat memberikan instruksi dan meminta Layla untuk meregenerasi bagian itu saja.

Setelah menyempurnakan rencana perjalanan, kamu dapat membagikannya dengan teman-teman melalui URL atau menambahkannya ke daftar keinginan kamu.

2. Wonderplan

7 Aplikasi AI dan ChatGPT gratis untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan saat liburan foto: wonderplan

Wonderplan adalah alat AI yang luar biasa untuk merencanakan perjalanan. Untuk membuat rencana perjalanan, Wonderplan pertama-tama meminta kamu untuk memasukkan negara dan kota tujuan, anggaran, jumlah hari akan menginap, dan minat kamu.

Kemudian Wonderplan membuat rencana perjalanan dalam beberapa menit, menampilkan berbagai tempat untuk dikunjungi, deskripsinya, dan waktu yang biasanya dihabiskan di setiap lokasi. Meskipun Wonderplan tidak menampilkan peta perjalanan, Wonderplan menyediakan tautan ke Google Maps untuk setiap tempat.

Platform ini juga menampilkan berbagai jenis akomodasi yang tersedia (seperti Airbnb, hotel, atau hostel) dan biayanya masing-masing. Demikian pula, ada detail tentang transportasi, makanan, dan aktivitas. Dengan cara ini, kamu dapat memperkirakan potensi biaya perjalanan.

Selain rencana perjalanan, Wonderplan juga menampilkan informasi penting tentang negara yang kamu kunjungi. Ini termasuk tingkat konversi mata uang, jenis steker listrik, bahasa yang digunakan, cuaca, dan alat angkut popular.

3. Plan by ixigo

7 Aplikasi AI dan ChatGPT gratis untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan saat liburan foto: plan by ixigo

Plan by ixigo dimulai dengan menanyakan tujuan impian kamu. Kemudian, platform ini memberikan opsi untuk menggambarkan jenis pengalaman yang ingin kamu rasakan. Ini seperti prompt ChatGPT, jadi kamu dapat memasukkan apa pun yang diinginkan.

Misalnya, kamu dapat menentukan durasi masa tinggal, minat, jenis aktivitas yang kamu cari, apakah kamu memiliki keluarga, dan sebagainya.

Tetapi jika kamu tidak dapat memikirkan petunjuk apa pun, Plan by ixigo memberikan beberapa ide perjalanan, sehingga kamu dapat memilihnya. Plan by ixigo kemudian menampilkan rencana harian, menunjukkan apa yang dapat kamu lakukan di pagi, siang, dan sore hari. Namun, jika rencana perjalanan yang disarankan kurang menarik, kamu dapat kembali memasukkan perintah untuk mengeditnya.

4. iplan.ai

7 Aplikasi AI dan ChatGPT gratis untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan saat liburan foto: iplan.ai

Meskipun iplan.ai tidak menyebutkan algoritma AI atau pembelajaran mesin mana yang digunakannya, hasilnya cukup fantastis. Aplikasi ini berfungsi dengan baik di ponsel untuk memberi kamu rencana perjalanan lengkap untuk satu kota pada satu waktu, tergantung pada berapa hari yang kamu miliki di sana.

Aplikasi ini pertama-tama meminta kamu memberi nama kota tujuan. Menariknya, aplikasi ini bekerja cukup baik untuk kota-kota wisata popular. Selanjutnya, catat berapa hari kamu akan berada di sana, lalu pilih waktu luang kamu setiap hari.

Ceritakan jika kamu bepergian sendirian, sebagai pasangan, bersama keluarga, atau bersama teman, lalu pilih minat kamu di antara topik-topik seperti sejarah, seni dan budaya, alam, hiburan, belanja, makanan, olahraga, bersantai, dan lain sebagainya. Terakhir, pilih antara anggaran ekonomis, normal, atau mewah.

Setelah beberapa menit, iplan.ai akan memberi kamu rencana perjalanan harian. Ini diplot di peta sehingga kamu dapat melihat semua lokasi, dan setiap tempat menarik yang memiliki deskripsi singkat beserta perkiraan waktu tempuh.

Aplikasi ini memiliki paket gratis dan berbayar. Dengan akun berbayar, kamu dapat membagikan rencana perjalanan dengan teman dan mengaksesnya secara offline. Batasan lain dari iplan.ai adalah bahwa kamu tidak bisa mendapatkan rencana perjalanan untuk perjalanan multi-kota. Untuk saat ini, kamu harus membuat rencana untuk setiap kota yang kamu kunjungi, satu per satu.

(brl/red)