6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS

Aplikasi tulisan tangan iOS

4. Pages

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS foto: app.store

Aplikasi Pages dari Apple ini mungkin tampak seperti aplikasi yang aneh dalam campuran ini karena membuat catatan bukanlah fungsi utamanya. Sebab sudah ada Apple Notes yang dibuat untuk fungsi tersebut.

Namun karena Pages dibundel dengan alat teks dan gambar, maka aplikasi ini juga sangat cocok untuk membuat catatan. Pada layar iPhone yang lebih kecil, mungkin lebih masuk akal menggunakan Pages untuk membuat catatan biasa daripada pengolah kata.

Pages memungkinkan kamu mengetik, membuat sketsa, mengimpor atau mengekspor data, berbagi catatan, dan membuat anotasi PDF. Kamu juga bisa menambahkan bentuk, audio, persamaan, bagan, dan tabel. Pages sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Untuk mencoba alat menggambar, pertama-tama buatlah dokumen Pages baru dengan mengetuk tombol plus (+) di sudut kanan atas. Selanjutnya, pilih Mulai Menulis. Kamu kemudian akan melihat kanvas kosong. Ketuk tombol plus (+) pada bilah alat di dalam dokumen kamu. Selanjutnya, beralihlah ke tab terakhir (Media) dan ketuk Menggambar.

5. Google Keep

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS foto: app.store

Google Keep adalah aplikasi pencatatan sederhana dari Google yang juga tersedia di iOS. Fitur utama yang tersedia dalam aplikasi ini termasuk mengetik, menggambar, dan merekam. Untuk tulisan tangan, fungsionalitas menggambar adalah yang harus kamu pilih.

Aplikasi ini memiliki tiga ukuran kuas yang berbeda, karet, dan alat seleksi yang memungkinkan kamu memilih catatan tulisan tangan dan memindahkannya ke posisi yang berbeda.

Secara default, Google Keep akan memberikan kanvas kosong, tetapi kamu dapat memilih untuk menampilkan kisi-kisi untuk pengalaman mencatat yang lebih baik. Untuk melihat opsi kisi, ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, pilih Tampilkan Kisi, lalu pilih salah satu opsi yang tersedia (Kotak, Titik, atau Aturan).

6. Noteshelf 3

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS foto: app.store

Noteshelf 3 adalah aplikasi solid untuk catatan tulisan tangan. Tidak seperti versi sebelumnya, Noteshelf 2, aplikasi ini gratis untuk diunduh di iPhone, iPad, dan Mac. Tetapi kamu hanya dapat membuat catatan dalam jumlah terbatas pada versi gratis. Aplikasi ini memiliki fitur pencatatan dasar seperti mengetik dan tulisan tangan.

Ada bermacam-macam alat pengeditan yang membuat seluruh proses pembuatan catatan menjadi lebih mudah, termasuk cara mudah untuk membuat daftar, menggambar bentuk, memilih objek, menghapus, menambahkan emoji dan stiker, merekam audio, mengambil gambar, dan banyak lagi.

(brl/red)