6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS

Techno.id - Buat kamu pengguna iPhone atau iPad yang suka mencatat baik berupa teks maupun sketsa, biasanya lebih menyukai aplikasi tulisan tangan. Apalagi jika kamu terbiasa menggunakan stylus, maka aplikasi pencatatan biasa mungkin tidak akan cocok untuk kamu.

Kini ada banyak aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di App Store. Mungkin kamu sudah pernah menggunakan Apple Notes. Ini merupakan aplikasi bawaan perangkat Apple yang juga kerap digunakan untuk pencatatan.

Namun di samping itu banyak juga aplikasi serupa yang bisa kamu coba. Berikut Techno.id rangkum enam aplikasi pencatatan virtual yang layak kamu coba. Sebagian besar gratis.

1. Paper

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS foto: app.store

Paper adalah aplikasi yang sudah dipoles. Aplikasi ini memberi kamu satu buku catatan atau jurnal default untuk memulai. Jelajahi Demo Paper untuk panduan singkat tentang alat menggambar yang akan kamu temukan di aplikasi ini. Ketuk salah satu halaman jurnal untuk melihat alat bantu ini beraksi dan mencobanya sendiri.

Untuk membuat jurnal, ketuk tombol plus (+). Setelah itu, ketuk untuk membukanya. Jika kamu ingin kembali ke tampilan utama, lakukan dengan menutup jurnal dengan mencubitnya. Ingin menyesuaikan pengaturan stylus? Kamu dapat menemukannya di pengaturan aplikasi lain yang tersembunyi di balik ikon menu garis tiga di sudut kanan atas.

2. Inkflow

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS foto: app.store

Inkflow tidak semewah Paper, tetapi fungsinya hampir sama. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyisipkan sketsa dengan teks dan foto. Kamu juga bisa memindahkan dan mengubah ukuran semua itu dengan mudah menggunakan alat marquee-select.

Kamu juga bisa mengganti latar belakang dengan kertas kosong atau kertas bergaris, garis-garis kisi, atau staf musik. Caranya dengan melihat Alat Tulis di menu Bagikan untuk menemukan opsi-opsi tersebut.

Tetapi jika kamu ingin membuat buku catatan berwarna-warni, kamu memerlukan Inkflow Plus. Aplikasi ini menambahkan palet warna yang dapat disesuaikan sepenuhnya, alat kuas, pensil, penghapus, dan latar belakang kertas khusus, di antara fitur-fitur lainnya. Notebook ini memiliki batas masing-masing 20 halaman dalam versi gratis.

3. Notability

6 Aplikasi tulisan tangan untuk pencatatan visual di iOS foto: app.store

Aplikasi ini dirancang untuk bekerja dengan Apple Pencil. Kamu bisa menulis, mengetik, membuat anotasi, dan menggambar menggunakan aplikasi ini. Fitur menggambarnya mencakup membuat bentuk yang tepat dan bentuk bebas, memindahkan objek, menambahkan warna, dan banyak lagi.

Perlu opsi untuk mengimpor konten, mengonversi tulisan tangan menjadi teks, dan mencadangkan atau membagikannya ke layanan cloud? Aplikasi ini dapat melakukan ketiganya. Aplikasi ini juga berguna karena memungkinkan kamu mengerjakan dua catatan secara berdampingan dan mencari catatan tulisan tangan. Selain itu, kamu bisa merekam audio yang disinkronkan ke catatan.

(brl/red)