5 Aplikasi alternatif untuk gantikan Twitter

5 Aplikasi alternatif untuk gantikan Twitter

Techno.id - Setelah Twitter diakuisisi Elon Musk, segudang perubahan yang cukup kontroversial pun muncul. Mulai dari pembatasan fasilitas Twitter bagi akun yang belum berlangganan, tampilan interface yang berubah, sampai penghapusan centang biru. Tak hanya itu, sempat trending beberapa waktu lalu perihal Elon Musk mengubah ikon Twitter menjadi ikon koin doge tanpa sebab yang jelas.

Di balik perubahan-perubahan tersebut, tentunya menjadikan Twitter tidak sama dengan versi sebelumnya. Namun jangan khawatir, techno.id telah merangkum 5 aplikasi alternatif Twitter yang mempunyai fungsi dan tampilan hampir sama dengan Twitter sebelum era Elon Musk. Berikut daftarnya.

1. Mastodon

5 Aplikasi alternatif untuk gantikan Twitter foto: googleplaystore

Cara kerja Mastodon dengan menggunakan jaringan yang terdiri dari komunitas-komunitas individu. Komunitas tersebut dapat berinteraksi satu sama lain. Cara menggunakan Mastodon relatif mudah. Cukup temukan komunitas yang menarik minat kamu lalu buat profil. Pengguna Mastodon dapat membuat postingan hingga 500 karakter, merespons thread, dan berbagi blog dari semua komunitas yang dipilih.

2. Clubhouse

5 Aplikasi alternatif untuk gantikan Twitter foto: googleplaystore

Clubhouse adalah platform media sosial berbasis suara yang masih terbilang muda umurnya. Clubhouse diluncurkan pada tahun 2020. Di platform ini pengguna dapat saling berbagi pesan suara di dalam komunitas. Tujuannya adalah untuk membangun pertemanan baru, terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, dan juga dapat membagikan pengalaman hidup. Terdapat ruang yang dibagi berdasarkan topik dan minat tertentu. Clubhouse juga menekankan pentingnya privasi, pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat bergabung dalam percakapan mereka. Pada awal kemunculannya, Clubhouse hanya tersedia melalui undangan, tetapi sekarang sudah terbuka untuk pengguna baru.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)